Sektor Pertambangan Penopang PAD Kolut

Kendari Ekspres, Ekobis 2010-10-20 / Halaman 3

Selain dari sektor perkebunan, retribusi tambang nikel juga menjadi salah satu penopang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten kolaka Utara, saat ini.

“PAD terbesar masih dari tambang nikel. Dari sektor perkebunan masih monor tiga, setelah hasil pertanian sawah dan lainnya”, kata Wakil Bupati Kolaka Utara, Siti Nurfaidah, Senin (18/10).

Menurut Wakil Bupati, kawasan tambang di Kolaka Utara masih cukup luas. Demikian juga perusahaan yang masuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi sudah lama beraktivitas. PT Pulau Nusatanita merupakan salah satu perusahaan yang sudah mengirim ore nikel ke luar negeri.

“Sedangkan lahan yang dikuasai PT Inco masih sebatas eksplorasi, kami sudah beberapa kali mendesak ke pihak perusahaan untuk melakukan eksplorasi, sehingga lebih bermanfaat bagi daerah, namun belum mendapat sahutan”, kata Bupati Kolaka Utara, Rusda Mahmud.

Ada tiga blook yang dipegang PT Inco, yang memegang kontrak kerya puluhan tahun lamanya. Namun, belum lama ini Gubernue Sulawesi Tenggara, Nur Alam meminta izin kepada Presiden Repoblik Indonesia untuk dapat mengolah lahan yang dipegang PT Inco. Izin yang dikeluarkan pihak pemerintah pusat, seperti beberapa daerah lainnya.

“Target PAD Kolaka Utara untuk tahun ini Rp 10 miliar. Dari semua sektor yang menghasilkan pendapatan kami genjot, terutama sektor pertambangan, perkebunan, pertanian, dan sektor perikanan kalautan”, kata Rusda.

Retribusi yang ada saat ini, tambang, pasar, pelabuhan, perkebunan dan retribusi lainnya. Hasilnya setiap tahun target PAD terpenuhi. Saat ini, target sudah hampir tercapai. *CUK/ARI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: