PAD tak Tercapai, Kadis Terancam

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-10-20 / Halaman 5

Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kolaka memasuki triwulan terakhir tahun ini masih berada pada angka mengecewakan. Dari target sebesar Rp 67 miliar, hingga kini baru mampu teralisasi Rp 38 miliar lebih atau mencapai 58 persen. Hal itu pun menjadi komoditi sorotan sejumlah fraksi di DPRD Kolaka saat eksekutif menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) perubahan tahun 2010.
Akring Johar dari Fraksi PPRN menilai, salah satu lemahnya pencapaian target pendapatan akibat PAD dari sektor pertambangan yang jeblok.   Pasalnya dari Rp 67 miliar proyeksi, sekitar 60 persen berada disektor pertambangan yakni mencapai Rp 42 miliar. Sementara dari jumlah tersebut, baru mampu terealisasi sekitar Rp 300 juta. ” SKPD yang tidak mampu mencapai target harus segera di evaluasi jika Kita ingin agar APBD tahun berikutnya kembali normal dan tidak devisit seperti tahun lalu,” desak Ketua Komisi III DPRD Kolaka itu.

Di tempat terpisah, Sekretaris Kabupaten Kolaka, Ahmad Safei juga menegaskan pihaknya memang akan segera mengevaluasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tak mencapai target PAD. ” Kita akan lihat nanti. Apal karena faktor kemalasan atau tidak produktif tentunya akan dievaluasi. Kecuali bila PAD tidak tercapai karena mungkin terganjal regulasi, ini akan dicarikan solusi,” tegas mantan Asisten II ini. Mengenai penyusunan APBD tahun 2011, Safei optimis tidak akan lagi terjadi devisit. Sebab satuan tugas  optimalisasi PAD yang telah dibentuk terus bekerja untuk mencari peluang PAD lainnya yang bisa menggenjot pendapatan daerah. (cr3/cok)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: