Ratusan Nelayan Diusulkan Terima Sertifikat Tanah

Media Sultra, Ekonomi 2010-10-19 / Halaman 2

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Kendari mengusulkan ke BPN pusat 200 bidang tanah milik nelayan di Kota Kendari untuk mendapatkan program sertifikasi gratis tahun 2011.

Kepala BPN Kota Kendari LM Ruslan Emba, Senin (18/10) mengatakan program tersebut merupakan program BPN pusat yang diusulkan melalui Kanwil Pertanahan Provinsi untuk membantu nalayan yang memiliki lahan tapi belum disertifikasi.

“Program ini telah disosialisasikan oleh Pokja Kota Kendari maupun Pokja dan BPN Pusat, sehingga nanti pada saat program ini diluncurkan diharapkan sudah mantap”, jelasnya.

Dikatakannya yang menentukan nelayan mana saja yang akan mendapatkan program sertifikasi gratis adalah Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari. “Sekarang ini kami tinggal menunggu keputusan pemerintah pusat berapa yang dialokasikan dalam APBN 2011”, jelasnya.

Dalam program ini petani tidak dibebankan biaya untuk mengurus sertifikat, pengukuran, proses hak tanah dan pendaftaran. “Intinya nelayan dimudahkan, yang ditanggung nelayan hanya biaya pemasangan patok batas, dan pengadaan materai 6000, dan bea Pajak Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

“Dalam program hanya tanah yang luasnya dikali harga dasar NJOP diatas Rp 15 juta. Tapi ini belum paten karena masih harus menunggu Perda Kota Kendari tentang Pajak daerah yang mana dalam Perda tersebut tanah yang luasnya dikali harga dasar NJOP diatas Rp 60 juta”, ungkapnya.

Hal ini sesuai UU No. 20/2001 tentang BPHTB kemudian UU No. 28/2009 tentang pajak dan Retribusi Daerah yang mengamanatkan BPHTB di daerah harus di Perdakan. “Kita harapkan sebelum 2011 Perda BPHTB sudah ditetapkan, sebab kalau tidak terpaksa kita gunakan aturan lama yakni hanya tanah dengan nilai NJOP di atas Rp 15 juta yang digratiskan”, terangnya. (Ila)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: