Kelompok KBR nilai Dishut Muna “Loyo”

Media Sultra, daerah 2010-10-19 / Halaman 7

Sejumlah kelompok tani Kebun Bibit Rakyat (KBR) Muna memprotes Dishut Muna, Senin (18/19). Protes dilakukan karena belum ada kejelasan proyek dari badan konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra. Padahal batas akhir penyetoran berkas kelompok tani yang direkomendasi Dishut muna kepada BKSDA Sultra, berakhir besok (21/10).

Dari pertemuan Kadishut Muna Laode Mukadimmah dan kelompok tani terungkap, penyebabnya akibat ketidak beresan pengelolaan oleh pejabat Pembuat Komitmen (PPK) La Ode Tarafu. buntut ketidak becusan  itu, Mukadimmah dengan tegas langsung mencoret Tarafu sebagai PPK dan mengangkat La Tambunga.

“Kita sudah capek urus ini, urus itu, segala administrasi kelengkapan berkas, tetapi selalu terhambat di Pejabat Pemiat komitmen. Kami minta Kadishut bersikap tegas dalam persoalan ini”, ujar Andi bahrun, salah satu ketua kelompok tani KBR di Kelurahan Dana, kecamatan Kontunaga.

Masalah lain yang muncul, ada satu kelompok tani KBR di desa Walelei Kecamatan Sawerigadi, diganti oleh Kepala Desa. “Bagaimana ini pak Kadis ? Kita sudah urus administrasinya, tetapi Kadesnya tiba-tiba mengganti”, ujar la Tiri, ketua KBR.

Kadishut juga memerintahkan PPK baru segera mengurus secepatnya administrasi, sehingga tidak terkatung-katung.

“Yang keluhkan diganti kelompok tani, percaya saya. Tidak boleh seorang pun melakukan  pergantian kelompok”, ujarnya

KBR, sebuah proyek Kemenhut melalui BKSDA se Indonesia. Di Sultra, seluruh Kabupaten/Kota dapat proyek ini. Di Muna, ada 24 kelompok tani yang memperoleh legitimasi dari Dishut Muna. Masing-masing kelompok mendapat dana sebesar Rp 50 juta. Kedepan, jika berhasil, bibit itu akan digunakan untuk suplai rehabilitasi hutan, baik di kabupaten maupun provinsi. (R-2/Ms-2)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: