13 Hari Ditahan, 26 Kubik kayu jati Akhirnya Dilepas

Media Sultra, 2010-10-19 / Halaman 1

Dinas Kehutanan Muna akhirnya melepas 26 kayu jati jenis square setelah tiga belas hari diamankan. Kayu-kayu tersebut milik masyarakat dan bukan dari hutan jati muna. Pemilik kayu hanya belum melengkapi proses pembayaran retribusi Pemda.

“Setelah dilakukan penyelidikan, kayu itu bukan hanya ilegal loging melainkan kayu milik masyarakat”, ujar Kepala Dinas Kehutanan Muna, Laode Mukadimah, Senin (18/10).

Kejelasan status kayu, diperkuat hasil lacak balak bahwa kayu tersebut bukan dari kawasan hutan. Kekurangan dokumen sang pemilik kayu hanyalah tidak adanya dokumen pembayaran retribusi dari Dishut Muna.

Selain itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Muna untuk bantuan penyelidikan. namun pihak Polres tidak menyahuti. Keterangan yang didapatkan, Dishut terlambat memasukkan permohonan telah melewati satu kali dua puluh empat jam batas waktu yang ditentukan.

“Setelah pemilik kayu menyelesaikan retribusi kepada daerah, maka kayu-kayu itu dikembalikan ke Guali (desa asal kayu). Dikawal langsung oleh dua orang anggota Polres dan Polhut”, kata Mukadimmah.

Kapolres Muna AKBP Rachmat Pamudji S.Ik melalui Kasat Reskrim AKP Agus Sugiarso mengatakan, setelah pihaknya menyelidiki ternyata kayu-kayu tersebut terbukti milik masyarakat sehingga penyelidikan tidak bisa dilanjutkan.

“Kami bukan menolak permintaan Dishut Muna penyidikan kasus ini. Setelah kami kros cek lapangan, kayu itu milik warga lengkap dengan dokumen pemilikan yang sah”, tandasnya.

Direktur LSM Kritik muna, La Ode Moamar Khadafi menilai alasan Dishut Muna sangat tidak rasional. Permasalahan bukan tentang asal usul kayu, melainkan soal legalitas perdagangan kayu jati. “Dagang kayu itu bukan seperti dagang kacang. kalau angkut kacang dari kebun mau dijual ke ujung langit pun tidak perlu dokumen resmi pemerintah. Tapi kalau dagang kayu tidak bisa seenaknya begitu. Jafi saya beranggapan, alasan Kadishut itu sangat tidak rasional”, jelas Khadafi lewat telepon selulernya. (R-2/Ms-2)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: