Pulau Laburoko Terancam Punah

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-10-18 / Halaman 5

Keputusan Pemkab Kolaka memberikan ijin usaha pertambangan (IUP) di pulau Laburoko Kecamatan Wolo, dinilai melanggar undang-undang kelautan tentang pemanfaatan pulau-pulau kecil.  Hal ini tegaskan aktivis LSM Forum Swadaya (Forsda) Kolaka, Jabir.
Aktivis yang getol mengawal persoalan kerusakan lingkungan ini, mengatakan Undang – undang kelautan nomor 27 tahun 2007  tersebut dibuat dengan tujuan untuk melindungi keberadaan pulau- pulau kecil. “Akibat penambangan di pulau Laburoko tidak hanya membuat pulau tersebut akan habis, tapi masyarakat nelayan yang selama ini juga menggantungkan hidup disekitar pulau tersebut kini harus kehilangan penghidupan,” terang Jabir.

Apa lagi menurutnya, selama ini  pengawasan terhadap kewajiban pengelolaan lingkungan pertambangan tidak berjalan maksimal. Terbukti dokumen amdal yang menjadi persyaratan penambangan dimana didalamnya terdapat kewajiban pemantauan dan pengelolaan lingkungan hanya menjadi formalitas dan tidak dilaksanakan. “Ironisnya meski terbukti merusak lingkungan, tidak ada sanksi tegas yang diberikan, yang terjadi justru toleransi dengan alasan keterbatasan sumberdaya manusia” tambahnya.

Ditempat terpisah Kepala Bidang Pertambangan Umum Dinas Pertambangan Kolaka  Ishak Nurdin membenarkan adanya aturan tentang perlindungan pulau-pulau kecil, namun menurutnya penambangan di pulau Laburoko juga memiliki dasar aturan yang kuat.        “Undang-undang otonomi daerah memberikan kewenangan bagi daerah untuk memanfaatkan dan mengelola kekayaan sumber daya alam yang dimiliki untuk kesejahteraan rakyat, hal ini juga tertuang dalam pembukaan undang-undang dasar kita,” terangnya.

Persoalan perusahan tambang yang merusak lingkungan, pihaknya juga telah mengambil tindakan tegas diantaranya dengan membekukan kegiatan operasi beberapa perusahaan yang menyalahi aturan. (cr3/awl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: