Pemprov Sultra Gugat PT Inco ke Pengadilan

Media Sultra, 2010-10-18 / Halaman 1

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana menggugat PT Inco melalui jalur hukum ke pengadilan karena perusahaan tersebut dinilai telah merugikan masyarakat daerah itu secara keseluruhan.

“Perusahaan internasional itu, menguasai lahan tambang nikel seluas 62.000 hekter melalui kontrak kerja sejak 1968, namun tidak memberi kontribusi apapun bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat”, kata Gubernur Nur Alam di Kendari, Minggu (17/10).

Gubernur mengatakan, kontrak kerja PT Inco di Sultra tahap pertama berakhir 1996, namun perusahaan tersebut memperpanjang kembali pada 1992 dan masa kontrak tahap kedua tersebut barua akan berkahir 2018. Selama kurang lebih 30 tahun pertama menguasai lahan tambang tersebut kata Gubernur Nur Alam, PT Inco tidak pernah melaksanakan kewajibannya, yakni membayar sewa lahan.

“Perusahaan itu baru membayar sewa lahan, setelah memperpanjang kontrak kerjanya tahun 1992”, katanya. Karena kelalaian itulah jelas Nur Alam, maka Pemprov Sultra akan menggugat perusahaan tersebut melalui jalur hukum agar membayar ke4wajiban mereka kepada pemerintah Provinsi.

Selain meminta ganti rugi, Pemprov juga akan meminta perusahaan asal Canada itu melepaskan seluruh lahan yang dikuasainya agar lahan tersebut bisa diberikan kepada perusahaan lain yang berminat mengolahnya. “Kalau lahan tambang itu dikelola, Pemprov Sultra akan mendapat bagian sesuai perjanjian dengan pendapatan yang luar biasa dan bisa menyejahterakan rakyatnya”, katanya.

Gubernur Nur Alam mengaku rencana menggugat PT Inco tersebut sudah disampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden SBY memberi respon positif. “Presiden meminta saya menyiapkan data dan bukti-bukti kelalaian PT Inco untuk menjadi bahan gugatan ke pengadilan dan bukti-bukti itu sudah kita siapkan”, katanya. (OL-03/MI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: