Walhi Harap Antisipasi Dampak Kerusakan Ekologi

Kendari Ekspres, Metro Ekspres 2010-10-15 / Halaman 10

Wahana Linhkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sultra hari ini genap berusia 30 tahun. Diusianya yang sudah tepat tiga dasawarsa organisasi independen tersebut masih memiliki menghadapi banyak masalah lingkungan.

Syukuran hari jadi Walhi Sultra itu dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Sultra mulai pukul 09.00 – 13.00 hari ini. Acara ini akan dihadiri undangan dari berbagai instansi, mahasiswa, organisasi masyarakat, dan pers.

Peringatan hari jadi tersebut dirangkaikan dialog dengan tema membaca arah kebijakan Pemerintah Provinsi Sultra dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA).

“Tujuan dari kegiatan ini agar lebih kita memahami bagaimana cara pengelolaan Sumber Daya Alam yang ada di Sultra. Gerakan Lingkungan hidup selama ini menglami tantangan yang semakin besar, di mana harus mampu meretas keterbatasan-keterbatasan Walhi sebagai organinsasi jaringan”, jelas Direktur Walhi Sultra, Hartono, Kamis (14/10).

Dia mengatakan, cita-cita Walhi sebagtai agen perubahan sosial haruslah lebih ditegaskan. Bukan sekedar mengubah kebijakan, namun juga struktur kekuasaan yang menyebabkan ketidakadilan.

“Tugas kami akan lebih menetapkan dan membangun kekuatan gerakan sosial yang kuat, besar, dan meluas melalui cara membangkitkan kembali kebudayaan gerakan mengembangkan kesadaran, membuka akses informasi, membangun keseimbangan politik, serta memperkuat organisasi rakyat agar mandiri dan mampu menentukan agenda sendiri agar lebih maksimal secara kerja dan sesuai dengan sasaran”, paparnya.

Hartono berharap pada pemerintah daerah agar dalam penataan lingkungan harus ada konsep dan pendekatan bersama tentang arah pembangunan lingkungan hidup. Selain itu, juga harus asa solusi alternatif mengantisipasi dampak kerusakan kawasan ekologi genting di Sultra dan tata kelola SDA yang dapat dipertanggung jawabkan kepada publik. *P8/B/MAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: