Masalah lingkungan Tanggung Jawab Bersama

Media Sultra, Ibukota 2010-10-15 / Halaman 6

Masalah lingkungan yang terjadi di Sultra merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk di dalamnya civitas akademika.

hal itu diungkapkan perwakilan pusat penelitian lingkungan hidup, kebumian, energi dan sumber daya mineral lembaga penelitian Unhalu, L.O. Ngkoimani saat menjadi pemateri di Aula Bappeda Sultra, Kamis (14/10) dalam rangka dialog publik yang diselenggarakan Walhi Sultra.

Selain Ngkoimani, pemateri dalam dialog itu adalah Rustam (Redaktur Media Sultra), Hartono (Direktur Walhi Sultra), serta Iswandi Hari (Dir Reskrim Polda Sultra).

Ngkoimani mengungkapkan, masalah lingkungan hidup yang ada disekitar kita antara lain pencemaran air dan kerusakan lingkungan akibat kegiatan pertambangan.

“Untuk itu sebagai kalangan akademis, kita harus dapat menyumbangkan pemikiran tentang penanganan masalah lingkungan di sekitar kita”, ujarnya di hadapan seluruh peserta dialog yang sebagian besar mahasiswa.

Ia mengatakan, jika kualitas lingkungan kita baik, maka kualitas itu akan menopang kehidupan yang baik pula. Oleh karena itu, perlu dikembangkansebuah konsep yang bisa menyatukan semua elemen dalam sebuah sistem pengelolaan lingkungan.

“Dimana sistem itu diharapkan bisa membangun kesadaran tentang oentingnya sebuah pengelolaan lingkungan hidup”, paparnya. (M-4/Ms-3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: