Harga Kompra Melonjak

Kendari Ekspres, Buton Raya 2010-10-15 / Halaman 15

Sudah hampir 3 pekan harga kopra di Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara mengalami lonjakan harga. Saat ini, harga kopra menembus kisaran Rp 520 ribu hingga Rp 550 ribu setiap kilogram. Harga itu mengalami kenaikan dari beberapa bulan sebelumnya yang hanya berkisar Rp 470 ribu setiap 100 kilogram. Kepala Desa Lelamo, La Unda mengatakan, kenaikan harga kopra itu hanya berselang 10 hari. “hanya sekitar 10 hari sudah naik sampai Rp 52 ribu sampai Rp 55 ribu”, katanya beberapa hari lalu.

Menurut dia, harga kopra tersebut masih akan terus mengalami kenaikan hingga bulan Desember nanti. Namun kenaikannya itu belum bisa dipastikan bisa mencapai harga berapa. Itu seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, dimana harga kopra mengalami kenaikan yang lebih tinggi pada bulan-bulan itu. “Bulan 12 masih akan naik lagi”, terangnya.

Dia menambahkan, sebagian besar petani kebanyakan menjual kopranya di Butur ketimbang harus mengantar ke Kendari atau ke Baubau. Selain bisa menghemat waktu juga menghemat biaya. Apalagi, untuk mengantar kopra ke Kendari atau Baubau membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Sementara harganya di Kendari atau di Baubaudengan Buton Utara tidak jauh berbeda”, terangnya. Selain itu, jumlah pembeli kopra di Butur sudah cukup banyak. Sehingga persaingan harga lebih menguntungkan petani. *R3/B/LEX

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: