Pos Polhut Muna Diserang Orang Bersenjata

Kendari Ekspres, 2010-10-14 / Halaman 1

Pos Polhut Muna di Jalan Pendidikan tepat depan SLTP 3 Raha, Kelurahan Mangga Kuning, Kecamatan Katobu, Muna, Rabu (13/10) dini hari sekitar pukul 01.00 Wita diserang sekitar 20 orang bersenjata.

Jorin, satu dari enam orang yang menjaga pos Polhut menjadi korban sabetan parang di bagian kepala hingga dilarikan ke UGD RSUD Muna.

Kronologis kejadian, sekitar pukul 12.45 Wita sejumlah kenderaan roda dua berlalu-lalang dengan pos Polhut Muna, Jorin bersama rekannya sedang bersiap untuk kembali berpatroli di Hutan Warangga. Tidak ada kecerugiaan Jorin dan kawan-kawan terhadap motor yang lalu lalang itu.

Tak sampai setengah jam, sekawanan orang datang membawa senjata tajam berupa badik dan parang, langsung menyerang pos Polhut. Jorin dan kawan-kawan sempat melakukan perlawanan menggunakan apa saja di tempat iru. Kalah banyak, lima kawan Jorin kabur.

Jorin yang belum sempat kabur menjadi sasaran. Jorin disabet menggunakan parang tepat di atas kepala. Sebuah badik juga diiris di bagian wajah korban. Jorin langsung dilarikan ke UGD RSUD Muna.

Dikonfirmasi, Kapolres Muna AKBP Rachhmat Pamudji SIK membenarkan kejadian itu. Dua orang yang diduga tersangka masin AL dan A, warga Mangga Kuning berhasil diamankan Polres Muna. “Kita berhasil amankan dua orang tersangka, tadi pagi (kemarin,red) sekitar pukul 09.00 Wita”, ujarnya.

Ditanya, apakah kejadian itu berhubungan dengan penjagaan hutan yang ketat oleh pihak Dishut Muna ? Rachmat mengungkapkan bisa jadi ada hubungannya. “Kami duga seperti itu. Tetapi nanti kita kembangkan”, ujarnya.

Sementara itu Kadishut Muna, Mukadimah MSi mengungkapkan, penyerangan Pos Polhut ada hubungannya dengan pejgaan ketat Polhut dan staf Dishut Muna satu minggu terakhir.

“Saya curiga orang-orang yang menyerang ini, adalah mereka-mereka yang selama ini menggunduli hutan Warangga. Atau mungkin saja karena penjagaan ketat itu, masih ada kayu-kayu belum diangkut oleh mereka akhirnya mereka serang Pos Polhut”, ungkapnya.

Atas kejadian ini, Dishut akan semakin memperketat penjagaan. Mukadimah menhaku sudah memerintahkan staf Dishut maupun Polhut yang berjaga setiap malam menyiapkan segala sesuatu. Persiapan dilakukan untuk mengantisipasi serangan susulan. *CR3/A/DUL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: