80 Persen Rumah di Kota Kendari Bangunan Liar

Media Sultra, 2010-10-13 / Halaman 1

Delapan puluh persen rumah di Kota Kendari tidak memiliki izin mendirikan bangunan. Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding bangunan kelompok bisnis dan sosial tanpa izin yang mencapai 40 persen.

“Hanya 20 persen rumah mempunyai izin mendirikan bangunan (IMB), selebihnya dibangun secara liar”, kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota Kendari Adam Patawari seusai membahas Rancangan Peraturan Daerah tentang Gedung Bertingkat di DPRD Kendari, Senin (11/10).

Ia mengatakan tempat tinggal yang dibangun secara illegal itu tersebar di sepuluh kecamatan yang ada, baik yang berada dalam maupun luar kawasan perumahan. “Hampir semua rumah yang dibangun pemiliknya sejak awal tidak punya IMB, begitu pula yang dipugar dalam kompleks perumahan”, katanya.

Menurut Adam, IMB juga berlaku terhadap rumah yang direnovasi, termasuk yang berada dalam kawasan perumahan, yang sebelumnya dibangun pihak pengemban. Ia mengatakan pelanggaran ini disebabkan kurangnya sosialisasi Peraturan Daerah Kota Kendari Nomor 9 Tahun 2004 tentang IMB, selain rendahnya kesadaran warga untuk membayar retribusi IMB. “Kalau sanksi, kami sudah banyak membongkar gedung yang berbeda peruntukannya, terutama di Kecamatan Baruga dan Kecamatan Mandonga”, katanya.

Ia menjelaskan retribusi IMB rumah senilai satu persen terhadap nilai bangunan, gedung kelompok bisnis dua persen dan retribusi gedung sosial setengah persen. “Prosedurnya untuk memperoleh IMB tergolong mudah, sehingga sudah selayaknya masyarakat memenuhi kewajibannya”, katanya. (OL-04/MI)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: