2011, Konversi Minyak Tanah ke LPG

Kendari Pos, Ekonomi & Bisnis 2010-10-13 / Halaman 3

Konversi minyak tanah ke LPG (baca elpiji, red) rencananya baru akan diberlakukan di Sultra awal 2011 nanti. Namun pemberlakuan program nasional itu baru akan dimulai pada dua daerah yakni Kendari dan Kolaka. Jumlahnya pun tidak sampai 1500 rumah tangga dan  60 persen merupakan warga Kendari. Data tersebut merupakan prediksi sementara BPH Migas.

Kasi energi Dinas Energi dan Sumber daya mineral (ESDM) Sultra, Nasrul Yakin Sanggo mengatakan, bila sesuai rapat yang digelar bersama team,  program konversi minyak tanah ke LPG belum akan dilakukan serentak di Sultra. Namun melalui beberapa tahap, alasannya data dari masing-masing daerah belum siap. Termasuk kemampuan  dermaga pengisian pun masih terbatas, belum mampu melayani seluruh masyarakat yang ada. “Termasuk masyarakat sendiri masih belum siap untuk menggunakan LPG. Alasannya mereka masih trauma dengan kejadian yang selama ini terjadi dengan LPG,” terangnya yang didampingi stafnya Hermiati di kantornya, kemarin.

Menurutnya, dengan belum berlakunya keseluruhan program konversi diberlakukan, pencabutan subsidi minyak tanah di Sultra juga belum dilakukan. Bila pemerintah tidak lagi memberikan kuota subsidi minyak tanah di Sultra, akan banyak pihak yang  kelabakan. “Bila subsidi  minyak tanah dihentikan, artinya harga minyak tanah  bertarif industri, masyarakat akan menjerit. Minyak tanah penggunanya didominasi warga menengah ke bawah, dan mereka harus menambah anggaran untuk  memenuhi BBM nya.  Apalagi program yang dilakukan yakni konversi belum bisa menyeluruh ke semua daerah yang ada, sehingga tidak ada alternatif lain,” kata Nasrul.

Dalam program konversi ini kata Nasrul akan melibatkan banyak pihak terkait. Pertamina sebagai pihak suplayer LPG.  Keterlibatan Distamben dalam hal pengawasan, sementara Disperindag behubungan langsung dengan kelayakan penggunaan LPG. “Untuk pendataan dilakukan oleh BPH Migas sendiri, termasuk data  perkiraan sementara yang sudah ada. Walaupun pada akhirnya juga akan bekerja sama dengan Pemda. Bila uji coba beberapa  kepala keluarga itu berhasil, tentunya akan ada penambahan lagi,” pungkas Nasrul. (lis/awl)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: