Ratusan Kilometer Jalan di Sultra Rusak

Media Sultra, 2010-10-11 / Halaman 1

Sekitar 800 kilo meter infrastruktur jalan di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam kondisi rusak akibat muatan kenderaan yang melebihi batas tonase.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara Dody Jalante, Sabtu (9/10) mengatakan, telah meminta kepada instansi teknis lainnya untuk melakukan himbauan agar kenderaan yang melewati jalan disesuaikan dengan bebannya.

“Kerusakan jalan bukan semata karena kualitas pekerjaan proyek pembangunan jalan itu tapi juga dari faktor alam seperti cuaca”, ujarnya.

Ia mengatakan, dilihat dari kontruksi jalan di Sultra, sebenarnya beban muatan kenderaan yang boleh lewat maksimal delapan ton, karena kontruksi aspal jalan yang ada di Sultra rata-rata untuk kapasitas beban delapan ton.

“Seharusnya pihak terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan atau aparat terkait lainnya harus aktif melakukan pengawasan terhadap kenderaan yang melalui jalan kita, karena dominan itu ada pada mereka”, katanya.

Ia mengatakan jalan yang rusak itu akan diupayakan bisa diperbaiki secara bertahap menggunakan dana APBD maupun APBN termasuk untuk 2010. Keberadaan jalan sebagai infrastruktur sangat diperlukan dalam memperlancar mobilitas warga serta memudahkan aktivitas perekonomian. “Kondisi jalan yang  jelek akan menyebabkan ekonomi biaya tinggi dan mengurangi daya saing daerah dalam menarik minat investasi”, ujarnya.

Selain itu kondisi jalan yang  jelek juga memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas serta mempercepat kerusakan kenderaan seperti pada per maupun sokbreker. “Pemerintah harus mampu menyediakan prasarana bagi warganya tapi warga juga memiliki tanggung jawab dalam memeliharanya seperti menggunakan kenderaan sesuai kelas jalan”, ujarnya. (OL-04/MI)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: