Proyek Mini Hydro PLN tak Kunjung Tuntas

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-10-11 / Halaman 5

Krisis listrik yang terjadi di Kolaka perlahan mulai dapat tertangani. Saat ini PLN setempat memiliki cadangan energi hingga tiga mega watt. Sayang, meski surplus, namun pihak perusahaan listrik negara itu ternyata hanya bisa melayani 480 sambungan baru. ” Ini sesuai kuota yang diberikan pada PLN Kolaka. Seluruh sambungan baru tersebut akan kita nyalakan secara serentak pada peringatan HUT PLN tangal 27 Oktober ini,” terang Kepala PLN Cabang Kolaka, H. Gentar.

Ia menambahkan saat ini PLN Kolaka masih memiliki sekitar 2000 daftar tunggu pemasangan listrik. Untuk tarif pemasangan baru, Gentar mengaku konsumen dikenakan harga sesuai ketentuan, 900 VA sebesar Rp.765.900, sedangkan daya 1300 VA sejumlah Rp.1.133.600. Meski kenyataannya di lapangan justru meningkat hingga beberapa kali lipat. Gentar optimis, jika pembangkit listrik Mini Hydro berkapasitas dua mega watt yang berada di kilometer 16 Kelurahan Sabilambo berfungsi, maka daftar tunggu sambungan baru saat ini akan mampu dikurangi.

Ironisnya, hingga kini proyek senilai Rp 44 miliar lebih yang bersumber dari APBN tersebut belum juga menunjukan tanda-tanda akan segera beroperasi. Padahal sesuai kontrak kerja, April  tahun ini harusnya sudah dituntaskan.  ” Saya juga tidak tahu persis apa kendalanya. Yang jelas, mestinya bulan April tahun ini pembangkit tersebut sudah bisa beroperasi,” ulang Gentar menegaskan.  Untuk diketahui, proyek pembangkit listrik Mini Hydro di Sabilambo dikerjakan empat rekanan, masing-masing PT. Menara Indra Utama, PT. Cipta Daya Nusantara, PT. MUT Engineering dan PT. Harmonia Penta Estetika. Dalam plang proyek disebutkan, kontrak pekerjaan dimulai November 2008, namun tidak mencantumkan masa kalender kerja seperti umumnya. Indikasinya, hal tersebut sengaja dilakukan karena batas waktu pekerjaan memang telah berakhir sejak April 2010 ini. (cr3/cok)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: