Kontraktor Kolaka Bakal Mengalami Kerugian

Media Sultra, 2010-10-11 / Halaman 1

Cuaca ekstrem di seluruh Indonesia beberapa hari terkahir ternyata juga berdampak di Kabupaten Kolaka. Diperkirakan banyak kontraktor di daerah ini bakal merugi.

Beberapa pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Minggu (10/10) menyatakan, cuaca yang diperkirakan BMG berkahir bulan ketiga tahun 2011 menjadi dilema kalangan dunia usaha di bidang jasa kontruksi.

“Dampak dari cuaca yang tidak bersahabat diperkirakan kontraktor akan mengalami kerugian”, kata Faisal Manomang Ketua DPD Gapeksindo.

Dari hasil kajian lapangan 6 Asosiasi kontruksi di Kolaka di bawah Kadin, jika prakiraan BMG itu terjadi maka pengusaha jasa kontruksi tidak akan sanggup menyelesaikan pekerjaannya sesuai kontrak yang ditandatangani atau akan mengalami kerugian.

Dikatakan, pengerjaan jalan tidak bisa  menghampar lapisan penutup (Aspal) dalam cuaca yang tidak menentu. Jika dipaksakan berdampak pada kualitas pekerjaan atau mutunya rendah. Sukarnya mendatangkan material ke lokasi pekerjaan, terhambat medan yang rusak akibat curah hujan yang tinggi. Serta tidak beroperasinya alat berat seperti eksavator, loder, doser, motor greder, vibro maupun wals yang notabene alat pendukung pekerjaan.

Untuk pekerjaan irigasi juga mengalami hambatan serupa. Sukar mengambil material batu akibat akses menuju pengambilan material tak dapat dilalui kenderaan. Material dari toko maupun material alam sulit disalurkan akibat jalan ke lokasi proyek tidak mampu dilalui kenderaan. Pekerjaan jembatan tak bisa dilaksanakan pengecoran beton bertulang dan tidak bisa dilaksanakan pekerjaan abutment atau dudukan plat beton bertulang.

Disamping itu masih banyak pekerjaan fisik lainnya yang bakal terhambat akibat cuaca ekstrem ini.

“Jika kondisi tetap seperti sekarang, kami perkirakan pekerjaan yang selesai hanya berkisar 50 hingga 60 persen”, ungkap Faisal Manomang.

Kadin berharap pemerintah atau yang berkompoten dalam pengawasan pelaksanaan proyek memberikan dispensasi atau regulasi yang bisa meringankan usaha jasa kontruksi ini. Mengingat cuaca saat ini merupakan hal yang diluar perkiraan, bahkan bisa dikatakan kejadian luar biasa dalam hal cuaca tahun 2010.

“Bahkan ada teman-teman yang sudah berniat mengembalikan dananya takut terkait hukum nantinya dengan cuaca yang ekstrem saat ini”, kata Faisal Manomang dibenarkan ketua Asosiasi lainnya. (Ar)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: