Keong Mas Musnahkan 607 H Padi Sultra

Media Sultra, 2010-10-11 / Halaman 1

Sekitar 607 hekter (ha) tanaman padi di Sulawesi Tenggara (Sultra) terancam puso atau gagal panen akibat serangan hama keong mas.

Kepala Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Sultra Abustan di Kendari, Sabtu (9/10), mengatakan upaya antisipasi telah dilakukan tetapi sulit karena titik serangan hama tidak berada dalam satu hamparan.

“Sulit kita berantas hama keong mas karena berada tidak pada satu lokasi. Hama itu terpancar dan tidak pada satu titik saja”, katanya.

Dari 607 ha lahan padi yang rawan puso karena serangan hama tersebut tersebar di Kota Baubau seluas 262 ha, Konawe Selatan 271 ha, dan Konawe 85 ha. Sementara itu, di Kabupaten Buton, Muna, Bombana, Kolaka Utara, Kota Kendari, dan Buton Utara, bebas dari serangan keong mas. Sedangkan Kabupaten Wakatobi tidak memiliki lahan persawahan.

Antisipasi terhadap semakin meluasnya serangan hama itu antara lain dengan memunguti keong mas secara manual. Tetapi, pemungutan keong mas yang dilakukan petani dinilai tidak memberi harapan untuk menyelamtakn tanaman primadona masyarakat setempat tersebut.

Oleh karena itu, ia menghimbau petani atau kelompok tani untuk melakukan penanaman secara kolektif, sehingga serangan hama tidak terkonsentrasi pada satu lokasi. (OL-01/MI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: