Gubernur : Kewenangan Pertambangan Bupati Kebablasan

Kendari Pos, Metro 2010-10-08 / Halaman 11

Gubernur Sultra Nur Alam ternyata resah dengan kewenangan pengelolaan kawasan pertambangan di daerah. Sebabnya kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat, ada yang setengah hati ada pula yang kebablasan.

Kewenangan setengah hati yang dimaksud gubernur yakni kewenangan yang diberikan pemerintah pusat untuk pemprov. “Pemprov tidak bisa berbuat banyak untuk mengendalikan pengeluaran izin kuasa pertambangan (KP) karena bupati yang tangani semuanya,” ujarnya.

Di sisi lain, pemerintah pusat justru memberikan kewenangan yang sangat luas kepada bupati. Aturannya memperbolehkan bupati mengeluarkan KP asalkan masih berada dalam teritorinya dan diluar areal hutan produksi. “Kewenangan untuk bupati sudah kebablasan. Harusnya pemerintah pusat tidak perlu merasa takut untuk kehilangan wibawa dengan memberikan batasan terlalu banyak kepada Pemprov,” imbuhnya.

Ia pun merasa resah dengan kondisi tersebut, tapi tidak mampu berbuat banyak karena batasan regulasi dari pusat. Keresahan tersebut bukannya tanpa alasan. Menurut gubernur, saking mudahnya bupati mengeluarkan izin KP, banyak terjadi KP yang tumpang tindih dan tidak sesuai dengan titik koordinatnya. “Ada beberapa yang dijual ke investor, dan disebutkan titik koordinatnya, setelah diukur ternyata ada di tengah laut, setelah diukur, ternyata ada di samping kantor camat, ini tidak benar,” kata gubernur tanpa menyebutkan daerah yang dimaksudkan.

Selain itu, mudahnya pengeluaran izin KP berdampak pada banyaknya laporan palsu oleh investor. Saat memberikan materi di bintek pelatihan perizinan dan sistem informasi geografis yang turut dihadiri Dirjen Pertambangan Kementerian ESDM, Gubernur mengatakan laporan palsu tersebut dilakukan oleh investor yang hanya menjadi broker. “Banyak yang tidak eksploitasi, hanya mereka bikin data eksploitasi fiktif, meski akhirnya merugikan mereka,” tukasnya. (cr2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: