Maluku Tuntut Bagi Hasil Lebih Besar

Kompas, Nusantara 2010-10-06 / Halaman 22

Pemerintah Provinsi Maluku menuntut dana bagi hasil dari sektor perikanan lebih besar dibandingkan dengan daerah lainnya karena 34 persen dari produksi ikan nasional berasal dari daerah itu. Dana lebih besar diyakini mampu menyejahterakan rakyat Maluku yang 378.630 jiwa di antaranya masih miskin. Jumlah itu sekitar 27,73 persen dari total penduduk

Jajaran pejabat Pemprov Maluku mengemukakan hal itu dalam pertemuan dengan sembilan anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Kantor Gubernur Maluku di Ambon, Selasa (5/10).

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Maluku Angky Watimuri mengatakan, saat ini dana bagi hasil dari sektor perikanan untuk 11 kabupaten/kota di daerahnya sekitar Rp 2,8 miliar. Setiap kabupaten/kota menerima sama besar Rp 254 juta. Dana bagi hasil itu sama dengan kabupaten/kota lain di Indonesia.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Maluku MZ Sangadji menilai, pembagian dana dari sektor perikanan yang disamaratakan untuk semua kabupaten/kota tidak adil.

Dalam forum itu terungkap, Maluku sebagai daerah penghasil 34 persen produksi ikan nasional harusnya memperoleh dana bagi hasil lebih besar daripada kabupaten/kota lain di Indonesia. Dana itu diperlukan untuk lebih meningkatkan sektor perikanan di Maluku dan mempertahankan kelestarian ikan di daerah itu.

Dana lebih besar dibutuhkan pula karena 80 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Maluku sebesar Rp 900 miliar masih bergantung pada dana bagi hasil dan dana alokasi umum dari pemerintah pusat. Pendapatan asli daerah Maluku, 20 persen dari total APBD.

Ketua Komisi D DPRD Maluku Suhfi Majid menambahkan, dana yang lebih besar pun penting untuk mengurangi kemiskinan di Maluku. Jumlah penduduk miskin di Maluku terbanyak ketiga di Indonesia.

Salah seorang anggota Komite IV DPD dari Maluku, John Pieris, berjanji akan mendesak DPR untuk merevisi UU No 33/2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah agar dana bagi hasil sektor perikanan bagi daerah penghasil lebih besar daripada daerah lainnya. (apa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: