Pendangkalan Teluk Palu Memprihatinkan

Kompas, Nusantara 2010-10-05 / Halaman 24

Kondisi pendangkalan di Teluk Palu, Sulawesi Tengah, kian memprihatinkan. Setiap tahun setidaknya empat juta kubik sedimen yang berasal dari Sungai Palu masuk dan mengendap di teluk ini. Jika dibiarkan, Kota Palu menghadapi ancaman banjir rob dan ekosistem di Teluk Palu akan rusak.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tengah Hasanuddin Atjo, di Palu, Senin (4/10), mengatakan, saatnya dilakukan penanganan serius karena empat juta kubik sedimen setiap tahun yang masuk ke Teluk Palu adalah ancaman serius. Ancaman itu bukan hanya untuk ekosistem di Teluk Palu, tetapi juga warga dan kondisi Kota Palu. Sedimen itu berupa tanah, lumpur, pasir, bahkan kayu-kayu.

”Kalau terus begini, selambatnya 10 tahun ke depan, Palu akan menghadapi banjir rob. Ekosistem di teluk juga akan terganggu,” kata Hasanuddin.

Teluk Palu adalah muara dari Sungai Palu yang hulunya berada di Kabupaten Sigi, Sulteng. Kota Palu sendiri berada di sepanjang lekukan pesisir Teluk Palu. Aliran sejumlah sungai besar, seperti Sungai Wuno, Paneki, Ngata Baru, dan Lewara yang berada di dataran tinggi Sigi, serta puluhan sungai kecil, masuk ke Sungai Palu. Sementara aliran Sungai Palu membelah Kota Palu hingga bermuara di Teluk Palu.

Di sejumlah titik di Sungai Palu, banyak aktivitas tambang galian C, seperti pengambilan batu dan pasir, yang dilakukan masyarakat ataupun perusahaan.

Beberapa waktu lalu, M Afit Lamakarate, Kepala Bagian Pertambangan dan Energi Dinas Pekerjaan Umum, Pertambangan dan Energi Kabupaten Sigi, mengatakan, kondisi hutan rusak di hulu-hulu sungai serta ada aktivitas penambangan. Tidak sedikit penambang yang menjebol dinding sungai sehingga kondisi jadi kritis. Tak heran jika banjir yang membawa serta sedimen berupa tanah, pasir, dan lumpur kerap terjadi.

Adapun Teluk Palu bagi sebagian warga masih menjadi sumber penghasilan. Nelayan, pencari udang, bahkan pembudidaya rumput laut memanfaatkan kawasan teluk. (ren)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: