Tiga Komponen PAD Bombana Tak menguntungkan

Media Sultra, 2010-10-04 / Halaman 1

Anggota DPRD Bombana mempertanyakan hasil pengelolaan tiga komponen sumber PAD Kabupaten Bombana yang sampai saat ini belum dketahui realisasinya. Meliputi pengelolaan pasir kuarsa di Poleang, izin pertambangan, tambag galian C.

Pemda setempat sampai saat ini belum mempertanggung jawabkan realisasi pajak maupun retribusi yang telah dicapai tahun ini. Selama ini hasil pajak dalan retribusi kurang memberikan keuntungan signifikan bagi peningkatan PAD.

Anggota dewan meminta instansi teknis dalam hal ini Dinas Pertambangan agar memberikan transparansi jumlah pencapaian penyetoran pajak maupun retribusi tiap komponen PAD yang menjadi target penerimaan daerah.

Wakil ketua DPRD Bombana, Johan, mengatakan, pihak Pemda harus membuat laporan pertanggung jawaban mengenai hasil PAD agar diketahui tingkat pencapaiannya.

Hal itu ditambahkan Rasid yang juga unsur pimpinan DPRD Bombana. Dikatakan, masalah sumber-sumber PAD harus diuraikan secara jelas mengenai kategori sumber penerimaan yang merupakan kewenangan pemerintah kabupaten, kecamatan maupun pemerintah desa. Hal tersebut kata Rasid dalam rangka mencegah tumpang tindih kebijakan pengelolaan PAD.

Menananggapi hal tersebut Kepala Dinas Pertambangan Kabupaten Bombana, Cecep Trisjayadi menjelaskan, masalah retribusi diatur dalam undang-undang tentang pengelolaannya. Ada batasannya masing-masing baik yang merupakan kewenangan pusat maupun daerah.

“Tidak semua bentuk pajak atau retribusi adalah kewenangan pemda Kabupaten. Sebab ada pedomannya dalam undang-undang”, ujarnya.

Ia mengatakan mengenai pengelolaan pasir kuarsa maupun jenis pemanfaatan hasil alam lainnya sudah ada aturannya.

“Jadi tidak ada yang ditutupi, semua berjalan sesuai aturan”, katanya. (Cr-3/Ms-2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: