Baubau dan Korea Bangun Kerjasama Bidang Pertanian

Media Sultra, 2010-10-04 / Halaman 1

Kerjasama antar Pemkot Baubau dan Pemerintah Korea terus dikembangkan. Setelah kerjasamja bidang pendidikan dan kebudayaan kini kerjasama bidang pertanian kembali dilakukan. Bahkan, untuk mengikat kerjasama tersebut Walikota Baubau MZ Amirul Tamim didampingi Kadis Pertanian Ir Bahara dan Ketua DPRD Kota Baubau Hasidin Sadif diundang ke Seoul Korea Selatan untuk menandatangani MoU.

Walikota Baubau, MZ Amirul Tamim saat memimpin rapat dengan jajarannya, Sabtu (2/10), mengatakan, dalam kunjungannya ke Seoul (Korea Selatan) ada beberapa agenda penting dilakukan. Diantaranya menandatangani MoU kerjasama bidang pertanian antara pemerintah Kota Seoul dan Pemerintah Kota Baubau.

“Ada 3 agenda penting kita yang akan dilaksanakan di Korea. Salahn satunya adalah penandatanganan MoU kerjasama di bidang pertanian antara pemerintah Kota Baubau dengan Kota Seol”, kata Smirul.

Dikatakannya, penandatanganan MoU ini menindaklanjuti kedatangan salah seorang pakar pertanian Korea dengan tujuan penelitian sesuai karakter dan potensi Kota Baubau khususnya di wilayah Sorawolio dan Bungi sebagai basis pertanian Kota Baubau.

“Hasilnya akan dibukukan dan saat ini masih proses penyusunan”, katanya.

Lebih lanjut dikatakan, kehadiran, kehadiran pakar tersebut tentunya dapat menjadi masukkan dan langkah terbaik menjadikan Baubau sebagai kota yang memiliki ketahanan pangan tinggi. Apalagi, pengembangan pertaniannya jauh dari penggunaan bahan kimia.

“Ini menjadi langkah positif daerah kita yang kita siapkan sebagai salah satu kota dengan ketahanan pangannya yang tinggi dan tidak tergantung daerah lain”, tambahnya.

Di Seoul, Amirul juga menjadwalkan akan tampil sebagai pembicara dalam simposium yang diselenggarakan oleh pemerintah Korea. Baubau juga akan tampil dalam pameran pentas seni di Korea yang bertaraf internasional.

Selain Ketua DPRD dan Kadis Pertanian, ikut dalam rombongan Walikota Baubau seorang petani dari Sorawolio Ilyas, seorang guru pengajar Bahasa Korea, Drs Abidin dan kepala Kantor Bahasa Sultra, Prof. Hana serta 9 orang yang masuk dalam tim kesenian yang akan tampil dalam pegelaran seni di Korea. (Has)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: