DAS Muna Rusak Parah

Media Sultra, Daerah 2010-10-02 / Halaman 7

Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Muna, rusak parah. Kerusakan disebabkan perambahan hutan yang terjadi di wilayah DAS tersebut.

Kapala Bagian Perencanaan Dinas Kehutanan Muna, La Sida mengatakan, perambahan hutan jati besar-besaran di Muna mengakibatkan empat DAS di Muna yakni, DAS Tiworo, Jompi, Kolasa, dan Lambiku berada dalam kondisi mengkhawatirkan.

“Penebangan hutan jati yang marak terjadi mengakibatkan wilayah yang seharusnya menjadi daerah tangkapan air menjadi rusak”, ujar La Sida ketika ditemui diruang kerjanya, Jumat (1/10).

La Sida kemudian memberikan contoh kerusakan parah yang terjadi di daerah Sungai Kolasa. Mulai dari daerah hulu sengai yang terletak di Desa Wakumoro hingga daerah hilir hingga daerah hilir di sekitar kecamatan Tongkuno keadaannya telah rusak parah.

Salah satu dari penyebab selain penebangan hutan, menurut La Sida diakibatkan funsi hutan yang beralih fungsi. Seperti yang terjadi di daerah Kontu, saat ini telah beralih fungsi menjadi daerah pemukiman warga. Dan oleh warga yang mendiami daerah tersebut disulap menjadi lahan perkebunan.

Pemkab Muna, lanjut La Sida, akhir tahun lalu melalui anggaran DAK telah melakukan program rehabilitasi beberapa kawasan dengan jalan melakukan program pengadaan fisik bibit jati siap tanam. Namun itu ternyata belum membantu banyak rehabilitasi DAS. Mandegnya program tersebut dikarenakan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan program ini belum belum optimal. Hal itu diperparah dengan tidak adanya anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan DAS.

“Butuh peran serta masyarakat dan pemerintah untuk secara sinergis menyelesaikan permasalahan DAS”, pungkas La Sida. (R-2/Ms-2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: