Pemkab Konsel Siaga Banjir

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-10-01 / Halaman 5

Anomali cuaca yang belum menunjukkan konsistensi musim di bulan ini, terus menjadi ancaman. Nyatanya, hingga penghujung September dan menjalani awal Oktober bulan ini, curah hujan terus saja tak henti. Kondisi itu membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Bencana Daerah (BBD) Konsel mengingatkan warga untuk tetap mewaspadai kemungkinan terjadi bencana, khususnya banjir. Daerah rawan banjir juga disebutkan seperti di Kecamatan Laeya, Lalembuu, Tinanggea, Angata dan Moramo.

” Musin hujan akhir tahun ini belum bisa diprediksi kapan akan berakhir. Makanya diingatkan kepada masyarakat untuk mewaspadai banjir. Instansi Kami juga sudah melakukan peninjauan dan deteksi ke beberapa titik wilayah, sekaligus menyampaikan pada warga untuk siaga agar segera menyampaikan ke pemerintah jika terjadi bencana,” jelas Kepala BBD Konsel, Ichsan Porosi, kemarin. Menurutnya, daerah yang sering dilanda banjir seperti di Kecamatan Laeya itu ada beberapa titik, mulai dari Rambu-rambu, Lerepako, Aepodu, Ambesea, Anggoroboti hingga Lambakara.

” Yang rawannya bila terjadi hujan di malam hari. Tapi Kami tetap menyiagakan anggota,” katanya. Di tempat terpisah, Camat Lalembuu, Andi Baso Ali mengakui, intensitas turunnya hujan yang terus menerus memang membuat warganya resah. Terlebih jika areal perkebunan dan persawahan, termasuk fasilitas umum lainnya ikut rusak. ” Di Lalembuu, Kami juga terus siaga karena sering terjadi banjir di beberapa desa. Terlebih lagi kondisi jalan makin memprihatinkan,”ujarnya, kemarin. (era/cok)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: