Hari Ini, Perda Tambang Diparipurnakan

Media Sultra, Hukum 2010-09-30 / Halaman 4

Setelah mengalami penundaan, hari ini (Kamis, 30/9) DPRD Kabupaten Kolaka akan menggelar rapat paripurna penetapan Peraturan Daerah (Perda) Tambang.

“Insya Allah hari Kamis Perda Tambang diparipurnakan dan disahkan, sebab undangan paripurna telah disebarkan”, kata Ketua Komisi II DPRD Kolaka Syarifuddin, saat ditemui di kantor DPRD Kolaka, Rabu (29/9).

Menurut Syarifuddin, batalnya dilaksanakan sidang paripurna pengesahan Perda Tambang pada Senin 27 September 2010 disebabkan hasil kolsultasi dari Provinsi Sultra baru mereka terima pada hari Senin. Sementara pada hari Selasa DPRD menerima aspirasi dari guru honorer desa terpencil dan pada Rabu kemarin dilakukan rapat fraksi-fraksi terkait tiga perda yang akan disahkan untuk pemandangan kahir fraksi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir mengatakan sesuai aturan sebelum ditetapkan terlebih dahulu harus dikonsultasikan ke Provinsi. Dari hasil konsultasi tersebut kemudian badan legislasi menyempurnakannya ketika ada tambahan atau pemnyempurnaan.

“Undangan rapat paripurna untuk besok (hari ini, red) sudah saya tandatangani dan telah diedarkan”, kata Parmin Dasir yang didampingi anggota legislasi, Hasanuddin, saat ditemui di ruang sidang DPRD Kolaka.

Tiga Raperda yang akan disahkan menjadi Perda adalah Raperda tentang pertambangan mineral dab batu bara, Raperda Tata bangunan, Raperda tentang perubahan ketiga atas peraturan daerah No. 16 thn 1998 tentang pemakian kekayaan daerah. Sementara satu Raperda yakni retribusi peternakan tidak disahkan karena masih mengacu pada peta Perda yang lama.

Menurut Parmin Dasir, Perda pertambangan merupakan inisiatif DPRD Kolaka meski ada Raperda tambang yang juga diajukan Raperda pertama yang keluar selama DPRD Kolaka ada.

“Berdasarkan undang-undang, jika legislatif mengeluarkan Raperda maka itu yang diambil untuk dibahas, sementara Raperda yang diajukan oleh Pemkab Kolaka dijadikan pembanding atau referensi. Ini merupakan prestasi anggota DPRD Kolaka periode ini, karena sejak DPRD ada di Kabupaten Kolaka baru kali ini keluar perda inisiatif”, ungkap Parmin (Ar/Ms-5)

One Response

  1. tolong beritanya yang lebih jelas lagi tentang perda yang disahkan. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: