Fenomena La Nina Masih Berpotensi di Sultra

Media Sultra, 2010-09-30 / Halaman 1

Prekiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Kendari, Arus Yuinatas mengatakan, fenomena La Nina pada bulan Oktober 2010 diperkirakan masih akan terjadi di Sultra.

La Nina merupakan fenomena cuaca yang menyebabkan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia bertambah, bahkan sangat berpotensi menyebabkan terjadinya banjir.

Menurutnya, fenomena La Nina diumumkan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pusat pada April 2010 lalu. Dan hingga kini, fenomena tersebut masih berlangsung dan Oktober 2010 mendatang, fenomena tersebut akan tetap ada.

Sementara itu, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Addi Setiadi mengatakan, fenomena La Nina di wilayah Sultra menimbulkan  peluang hujan. Dimana hujan terjadi tidak secara keseluruhan melainkan sporadis.

“Artinya, hujan yang akan mengguyur di wilayah Sultra tidak merata. Misalnya di daerah A hujan, maka kemungkinan di daerah B itu tidak hujan”, katanya.

Selain itu, kata Addi, pada 30 September 2010 cuaca buruk berupa gelombang dengan ketinggian dua hingga tiga meter diperkirakan akan terjadi di bagian tenggara perairan tukang besi (Wakatobi).

“Untuk itu, dengan gelombang setinggi itu akan menyebabkan bahaya bagi kapal kecil yang melintasi perairan tersebut”, katanya. (M-4/Ms-3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: