Ratusan Rumah Warga Kota Kendari Terendam Air

Media Sultra, 2010-09-29 / Halaman 1

Seratusan rumah warga di dua kecamatan diKota Kendari masing-masing, Kecamatan Mandonga dan Kecamatan Puwatu, Kota Kendari terendam air ketika hujan deras, Selasa (28/9). sekitar pukul 13.00 Wita. Kejadian ini merupakan akibat tersumbatnya saluran air di rumah jabatan gubernur.

Amor, seorang warga Kompleks Dolog, Kelurahan Mandonga, mengaku, banjir kali ini merupakan yang terparah. Sebelumnya, banjir hanya setinggi lutut, kali ini setinggi pinggang orang dewasa.

“Tahun lalu tidak seperti ini. Dulu setinggi lutut, sekarang sampai pinggang “, kata Amor.

Banjir ini juga merendam perkantoran pemerintah. Seperti kantor KPU Provinsi, Disperindag Provinsi dan Gedung Pariwisata. Di jalan Abdullah Silondae, tepatnya di depan kantor Disperindag Provinsi juga terendam banjir setinggi lutut orang dewasa, akibatnya sejumlah kenderaan tidak dapat melalui jalan tersebut.

Di depan eks MTQ (dekat Polsek Mandonga), genangan air di lokasi tersebut mencapai satu jengkal orang dewasa. Selain depan MTQ, air juga menggenangi jalan di sekitar By Pass Kota Kendari (depan Suzuki Wua-Wua). Air yang menggenangi jalan tersebut mencapai 10 centi meter. Pengendara terpaksa harus berhati-hati agar tidak terperosok lobang.

Di depan kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Kendari juga digenangi air. Pengendara motor melewati jalan tersebut harus hati-hati tinggi air sekitar 10 centi meter bisa saja membuat jatuh.

Sementara di Kelurahan Tobuha termasuk kantor Kelurahan Tobuha, SMP Sandamasunu turut tergenang banjir setinggi pinggang orang dewasa.

Nurdin warga Tobuha mengatakan, banjir seperti ini baru pertama kalinya terjadi. Selama ini bila hujan turun derad, juga sering tergenang namun tidak seperti sekarang.

Nurdin mengatakan, genangan air ini terjadi karena saluran kali di RT 1 dan 2 Kelurahan Tobuha relatif sempit. (Cr-1/M-5/M-4/Ms-3)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: