Hargta Kakao Turun Drastis

Kendari Pos, Ekonomi & Bisnis 2010-09-29 / Halaman 3

Sudah sepekan harga kakao di Sultra kembali anjlok. Mulanya pasaran kakao sebesar Rp 22 ribu perkilogram. Namun kini tinggal Rp 15 ribu. Tingginya curah hujan ditengarai sebagai salah satu penyebabnya karena berakibat banyaknya kakao berjamur sehingga daya beli rendah.

Salah seorang pengusaha pengumpul kakao di Kendari, Sutrisno yang ditemui kemarin mengatakan kakao yang ada saat ini sudah jarang yang berkualitas ekspor karena kualitasnya turun dibanding pekan lalu. ”Kakao yang ada hanya diantar pulaukan di pasaran domestik karena bentuk kakao saat ini kecil, dan rendemennya tidak sesuai standar pasar internasional,” jelasnya.

Pekan lalu kata Sutrisno harga kakao bisa mencapai Rp 28 ribu per kilogram. Pasca itu harga turun di posisi Rp 22 ribu dan akhirnya  mencapai Rp 15 ribu. ”Produksi di lapangan  juga sudah sedikit, tinggal penghabisan,” tambahnya.       Puncak panen kakao terjadi pada bulan Mei hingga Agustus. Jika cuaca kembali tak mendukung (musim hujan, red) menurut Sutrisno  tentu kualitas juga tidak jauh berbeda dengan saat ini.

Hal senada diungkapkan Aco, salah seorang petani kakao di Kolaka. Katanya bila panen kali ini harga agak surut. Biasanya ia menjual  puluhan kwintal, tapi kali ini tidak. Alasannya sama yakni musim hujan dimana proses pengeringan susah, dan kakao banyak yang berjamur. ”Malah diantaranya busuk karena tidak memperoleh pengeringan sama sekali. Tidak ada yang mau beli untuk diekspor kalau jumlah sedikit, akhirnya ada pengumpul di kampung yang mau menerima, tapi itu tadi harganya murah tidak sampai Rp 20 ribu per kilo gram,” ungkap Aco mengeluh. (lis/awl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: