Butuh Kejujuran Terkait Ganti Rugi Keramba

Media Sultra, Daerah 2010-09-29 / Halaman 7

Dibutuhkan kejujuran warga untuk ganti rugi kepemilikan karamba yang tercemar akibat aktivitas perusahaan tambang PT Putra Mekongga Sejahtera (PMS) di Desa Hakatotobu, Kolaka.

Pernyataan tersebut disampaikan Kadis Perikanan dan Kelautan Kolaka, (28/9), menyikapi tuntutan warga yang merasa belum mendapat ganti rugi dan menyampaikan keluhan mereka pada anggota DPRD Kolaka.

H. Dudung Juhana juga menyikapi pernyataan anggota komisi I, Muhlis, yang mempertanyakan ketidak mampuan pihaknya menaksir kerugian Hj. Rusia dan 7 anggota keluarganya.

Pihaknya tidak bisa menaksir karena takut salah dan memilih menanyakan kepada warga berapa kerugiannya karena lebih tahu sambil menghitung luas lokasi mereka.

Dudung mengungkapkan, munculnya tuntutan ganti rugi Hj. Rusia dan anaknya setelah terjadi pembayaran selama satu tahun. Pada saat dilakukan identifikasi proses ganti rugi hingga terjadi pembayaran yang langsung diterima oleh warga dari PT PMS selama 1 tahun 11 bulan, mereka tidak muncul.

“Bisa saja mereka dibayarkan, tapi karena ini sudah lewat maka harus ada penguatan dari Kades bahwa pada saat dilakukan pengukuran mereka tidak ada di tempat. Kami sadari masih ada 8 orang yang belum dibayarkan”, ungkapnya.

Dudung mengakui sebelumnya persoalan ini telah diserahkan kepada Kades Hakatotobu dan Camat Pomalaa saat itu. Namun dirinya manjanjikan, jika masih ada warga yang dirugikan pihaknya akan perjuangkan ke PT PMS. Pihaknya selaku pembantu Bupati lebih berpihak pada masyarakat dibandingkan dengan perusahaan.

Selain itu, dirinya pernah membuat pernyataan untuk masyarakat dan PT PMS yang isinya masyarakat yang telah dibayar supaya membuat tambak jauh dari pelabuhan PMS. Begitupun pihak PMS harus memperbaiki dermaga dan dalam menjalankan aktivitas tidak mencemari laut. “Namun kita lihat di sana dermaganya tidak diperbaiki, begitupun masih ada tanah yang jatuh kelaut”, ungkap Dudung Juhana. (Ar)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: