Seguni Diving Club Kendari Pelopori Pembersihan Pantai Mayaria

Kendari Ekspres, Metro Ekspres 2010-09-28 / Halaman 10

Bertepatan dengan hari bersih pantai (Beach Clean Up Day) Sedunia, Sabtu (25/9), Seguni Diving Club Kendari tergerak mempelopori kegiatan pembersihan sepanjang pantai Mayaria, Kelurahan Kasilampe, Kota Kendari.

Kegiatan tersebut juga melibatkan berbagai unsur, diantaranya Lanal Kendari, Basarnas, penyelam Club Saka Bahari, Dinas Kebersihan, masyarakat umum, dan siswa-siswi SMAN 3, SMPN 6 serta SMK Pelayaran Kendari.

“Melihat ekosistem pantai terutama di Kota Kendari yang selama ini kurang mendapat perhatian, baik dari masyarakat maupun dari pemerintah. Lihat saja sepanjang pantai ini misalnya (pantai Mayaria) banyak sampah berserahkan di bibir pantai. Bahkan volumenya sudah cukup tinggi. Sayang sekali jika tidak dirawat dengan baik, dan tidak ada upaya untuk mempertahankan serta melestarikan ekosistemnya. Padahal objek wisata ini dulunya sangat terkenal”, ucap ketua Seguni Diving Club Kendari, Sumitro, mengurai keprihatinannya pada kondisi pantai yang dulunya sempat ikon Wisata Bahari Kota Kendari.

Sementara itu pelatih Seguni Diving Club Kendari, Burhanudin, mengatakan mereka sengaja melibatkan berbagai unsur dalam kegiatan bersih pantai tersebut untuk memberi pelajaran, pemahaman, dan menggugah perhatian masyarakat untuk lebih mencintai kebersihan lingkungannya, terutama lingkungan sekitar pantai.

Katanya, hal tersebut secara tidak langsung memberi imbas positif baik bagi masyarakat setempat maupun pemerintah.

“Jika dari dulu pantai ini terus terjaga kebersihannya, tentu banyak wisatawan yang tertarik untuk datang. Bisa membawa keuntungan ekonomi bagi masyarakat maupun pemerintah. Sekarang, dengan kondisi antai yang kualitasnya sudah sangat menurun dibanding empat-lima tahun sebelumnya, twentu orang enggan untuk datang. Terumbu karangnya saja sudah sangat memprihatinkan. Sudah saatnya kita dan pemerintah utamanya harus memberi perhatian lebih”, terang Pelindung Seguni Diving Club Kendari.

Saat kegiatan bersih pantai berlangsung, para siswa begitu antusias memunguti serta menjaring sampah dari timur hingga ke barat Pantai Mayaria. Beberapa orang dari Lanal Kendari, Basarnas, dan penyelam Seguni Diving Club Kendari menyelami pantai tersebut untuk menjaring sampah yang tidak bisa dijangkau peserta kegiatan dibibir pantai.

“Kami berencana melakukan kegiatan ini kontinu, paling tidak tiga bulan sekali”, pungskasnya. *P7/B/DUL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: