Provinsi Sultra Siapkan 2,475 Juta Kilogram Benih Padi

Media Sultra, 2010-09-28 / Halaman 1

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menyiapkan 2.475.000 kilogram bantuan benih padi non hibrida varietas unggul jenis ciliwung dan cantana untuk para petani tahun 2010.

Benih tersebut diprediksikan mampu memenuhi rencana tanam tahun 2010 sekitar 90 persen dari luas lahan keseluruhan yang berjumlah 108 hekter di seluruh Kabupaten/kota se-Sultra.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sultra, Mansyur, saat ditemui Media Sultra di kantornya, Senin (27/9) mengatakan, kuota pemberian benih tersebut di dasarkan pada luas sawah di masing-masing Kabupaten Kota.

“Untuk pembagiannya berdasarkan pendekatan proposional yaitu yang luas sawahnya itulah yang dapat banyak”, kata Mansyur di Ruang Kerjanya.

Benih diberikan secara cuma-cuma kepada setiap kelompok tani. Caranya, petani mengajukan proposal kepada Petugas Pertanian Kecamatan (PPK) di masing-masing kebupaten atau kota selanjutnya kabupaten/kota mengusul kepada dinas pemerintah provinsi untuk lakukan verifikasi.

Untuk sementara ini, Mansyur menilai kuota terbanyak yang akan mendapat bantuan benih tersebut yaitu Kabupaten Konawe yang merupakan sentra produksi padi tertinggi di Sultra.

“Yang pasti untuk tahun ini hampir memnuhi rencana musim tanam kita tahun 2010.. yah sekitar 90 persen lah terpenuhi. Tapi yang banyak menerima mungkin masih Konawe”, tutup Mansyur. (Cr-5/Ms-2)

Advertisements

One Response

  1. Aswabar. Mau tanya ni. adakah benih padi ciliwungnya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: