Produksi Mangga Anjlok hingga 90 Persen

Kompas, Nusantara 2010-09-28 / Halaman 22

Produksi mangga petani tradisional di Kabupaten Indramayu, Majalengka, dan Cirebon turun hingga 90 persen dari 200-300 kilogram menjadi 20-30 kilogram per pohon. Hujan yang terus turun sepanjang tahun menjadi penyebab utama.

Penurunan produksi mangga ini terlihat di pekarangan dan perkebunan warga di tiga daerah bertetangga di Jawa Barat itu.

Di kebun mangga tumpang sari di Desa Kebulen, Kecamatan Jatibarang, Indramayu, misalnya, hanya ada dua atau tiga mangga dalam satu pohon. Di perkebunan mangga Cisaat, Kabupaten Cirebon, jumlah mangga siap petik yang dihasilkan pun sedikit

”Mangga berukuran kecil rontok karena hujan dan angin terus-menerus,” kata Sahril Sidik, Ketua Kelompok Tani Fresh Fruit wilayah Cirebon, Majalengka, dan Indramayu, Senin (27/9).

Menurut Sahril, produksi mangga milik petani tradisional kini turun 90 persen, bahkan tidak panen sama sekali, karena terkena hujan terus-menerus. ”Para petani kelompok saya di Majalengka, Cirebon, dan Indramayu mengeluh tidak panen. Meski pohon bisa berbuah, sebelum matang sudah rontok,” katanya.

Sahril menyebutkan, sejumlah petani mencoba mengakali kondisi cuaca yang tak pasti dengan merawat pohon mangga lebih intensif, yakni dengan pemupukan, penyuntikan hormon, penyemprotan pestisida, dan pemangkasan daun lebih sering. Namun, biaya yang harus dikeluarkan membengkak dari Rp 15 juta menjadi Rp 25 juta per hektar.

Produksinya pun tidak dapat dipertahankan 100 persen. Dari lahan 6 hektar, Sahril memperkirakan hanya panen maksimal 15 ton. Padahal, kalau tidak diganggu cuaca, produksi mangga dapat mencapai 27 ton.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Cirebon Ali Efendi menyatakan, cuaca yang tak pasti telah merugikan petani. Jumlah kuota ekspor mangga pun tak bisa dipenuhi seluruhnya. Selama ini Cirebon hanya dapat mengirim 2-5 ton mangga setiap pekan ke Timur Tengah. Padahal, permintaannya 2 ton per hari sepanjang tahun. (NIT)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: