Dewan Konsel Warning PT WIN

Kendari Ekspres, Politika Ekspres 2010-09-28 / Halaman 14

Tasbin Tajudin, salah seorang anggota legislatif Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), mewarning PT Wijaya Inti Nusantara (WIN) yang merupakan salah satu perusahaan tambang nikel yang beroperasi di Torobulu, Kabupaten Konsel.

Di awal ekspor perdananya ke China, PT WIN telah menandatangani perjanjian, baik itu kepada pemerintah provinsi maupun kepada Pemkab Konsel, dalam hal pembagian hasil nikel ore yang ada di Torobulu.

Para pengambil kebijakan itu, mendapat bagian sebesar satu dollar AS setiap satu ton tanah ore. “Yang menjadi pertanyaan, apakah pembagian hasil bumi ini benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat atau hanya sekedar simbol belaka”, ujar politisi asal Partai Golkar ini.

Kemudian, dengan munculnya aktivitas penambangan tersebut, tidak merugikan lingkungan di sekitarnya. “Kita memahami, tanah yang tadinya tidak berarti apa-apa bagi warga Konsel, kini menjadi lahan uang yang sangat melimpah. Tetapi, bagaimanadengan lingkungan sekitar setelah terjadi eksploitasi. Ini yang menjadi pertimbangan kita bersama”, tuturnya.

Dikatakannya, lingkungan penambangan nikel menjadi sasaran eksploitasi, benar-benar dimanfaatkan investor secara besar-besaran. “Sebelumnya kegiatan berlangsung, mestinya terlebih dahulu dilakukan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal). Artinya, PT WIN harus mengantongi izin Amdal sebelum kegiatan aksploitasi dilaksanakan”, ujar anggota legislatif Konsel dari Komisi C itu.

Apalagi, di sekitar area penambangan sangat dekat dengan laut, aktivitas masyarakat dan juga terdapat hutan lindung di sekitarnya. “Jika hutan lindung dan biota laut terganggu dengan aktivitas penambangan, maka yang rugi adalah kita sendiri. Namun demikian, kami meminta kepada pihak investor penambangan nikel ore di Torobulu dapat mempertimbangakan atau mengedepankan faktor lingkungan sebelum melanjutkan penambangannya” pungkas Tasbin Tajudin.

Pemda Konsel juga tidak turut diam dengan penambangan hasil bumi terwebut.

“Setiap saat kita memantau bersama, aktivitas yang dilakukan PT WIN. Jika tidak lagi memperhatikan lingkungan, maka kita bisa berhentikan aktivitas penambangannya”, tegasnya

Sayangnya hingga berita ini dimuat pihak PT WIN belum berhasil dikonfirmasi wartawan koran ini. *Cr2/B/DUL

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: