Bupati Muna Tinjau Lokasi Sawah Di Kabawo

Kendari Ekspres, Ekobis Lokal 2010-09-28 / Halaman 2

Bupati Muna dr Baharuddin melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) perdana bersama rombongan, Senin (27/9). Dokter, begitu sering disapa, meninjau lokasi persawahan di Desa Bente dan Desa Rangka Kecamatan Kabawo, Muna seluas lebih kurang 50 hekter.

Sawah yang sudah siap panen itu, rencananya akan dipanen perdana oleh Gubernur Sulawesi Tenggara H Nur Alam SE, Minggu (3/9) mendatang. Panen dilaksanakan bersamaan dengan kunjungan kerja resmi pemerintah Provinsi Sultra di Muna.

“Rencana pa’ Gubernur akan melakukan panen perdana. Pemkab Muna akan menyiapkan segala sesuatu untuk menyambut itu. Jika pa’ gubernur berhalangan, bupati saja yang akan melakukan panen”, kata Dekter begitu sampai dilokasi persawahan.

Ia mengatakan, lokasi yang akan di panen itu, baru tahap awal untuk menjadikan Muna sebagai salah satu produksi beras di Sultra. “Kita jadikan tempat ini sebagai tahap awal, untuk merangsang bagaimana masyarakat Muna, terutama pada daerah-daerah yang bisa ditanami padi sawah bisa meningkatkan luas lahan dan panen nanti”, jelasnya.

Luas lahan yang bisa digunakan untuk padi sawah di dua desa itu mencapai 400 hekter lebih. Namun petani Desa Bente dan Rangka, baru menggunakan lahan yang ditanami seluas kurang lebih 50 hekter. Masih tersisa 300 hekter lebih lahan yang sementara di olah untuk dijadikan areal sawah.

Selain di Kabawo, sentra produksi tanaman padi di Muna terdapat di Kecamatan Tiworo kapulauan, Parigi, Tongkuno dan sebagian Kecamatan Sawerigading. Namun, lahan-lahan di tempat itu, belum sepenuhnya dimaksimalkan Pemkab Muna. *CR3/B/ARI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: