Ruang Terbuka Hijau Berkurang

Kendari Pos, Metro 2010-09-27 / Halaman 10

Laju pembangunan yang berkembang pesat, ternyata tak hanya memberi dampak positif bagi peningkatan penghasilan asli daerah (PAD). Di satu sisi pertumbuhan pembangunan juga menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup manusia, salah satunya karena berkurangnya ruang terbuka hijau di daerah padat bangunan.

Kondisi tersebut mulai terasa di Kelurahan Bende. Daerah yang selama ini dipenuhi tumbuhan, kini sudah dipadati dengan pertokoan dan bangunan lainnya. Hal itu membuat ruang terbuka hijau semakin sempit, sehingga resapan air menjadi berkurang.

Kondisi tersebut menurut Lurah Bende, Drs Nasaruddin Saud,  menjadi ancaman bagi warga. Lebih-lebih saat musim penghujan tiba. Rumah-rumah yang dibangun di areal dataran rendah terpaksa menjadi sasaran tergenangnya air, karena vulome air yang besar, tidak mampu lagi diresapi oleh tumbuh-tumbuhan atau pepohonan yang sudah habis tegeser bangunan dan pertokoan.

“Ada beberapa daerah yang rawan banjir di kelurahan Bende, antara lain di jalan Abunawas, Pasaeno serta Perumnas yang sudah berganti nama menjadi Griya Bende Pratama. Potensi banjir, salah satunya disebabkan karena berkurangnya ruang terbuka hijau yang selama ini meresap air. Kalau hal ini terus dibiarkan, maka kedepan genangan air bisa saja menjadi masalah yang mengancam di setiap musim penghujan tiba,” ungkapnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, tentunya tidak ada cara lain selain melakukan perbaikan drainase. Disamping itu, kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah dan menjaga kebersihan lingkungan harus ditingkatkan, karena selain drainase, sampah juga menjadi sumber utama banjir. (cr5)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: