Nelayan Pogalampa Terima Bantuan Rumpon

Media Sultra, daerah 2010-09-27 / Halaman 7

Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buton menyalurkan bantuan rompon ikan kepada nelayan did ESA Pogalampa, Kecamatan Batauga. bantuan tersebut merupakan program peningkatan perluasan kesempatan kerja dengan didtem pola padat karya produktif.

“Sistem pola padat karya yang kami maksudkan yaitu pembuatan rumpon yang dikerjakan oleh masyarakat nelayan serta hasilnya untuk masyarakat itu sendiri”, kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Buton, Lutfi Hasmar, di ruang kerjanya akhir pekan lalu.

Dana pembuatan rumpon berasal dari kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang dikucurkan melalui Dinakertrans Kabupaten Buton. Kegiatan ini diharapkan memberi nilai tambah dan meningkatkan kesejahteraan nelayan.

“Nelayan di Desa Pogalampa mendapat bantuan lima unit Rumpon Rp 59.795.00,- yang dibiayai   oleh Dana Tugas Pembantuan Tahun Anggaran 2010”, katanya.

Sebelumnya, terdapat 10 desa mengajukan permohonan bantuan, namun hanya tiga desa memenuhi kriteria termasuk desa Pogalampa dengan pengadaan rompon.

“Desa tersebut di antaranya Lasalimu berupa pengadaan tambak, Pasarwajo pembuatan jalan, dan Desa Pogalampa pengadaan rumpon”, katanya.

Sedangkan untuk pengolahan rumpon sedikitnya terdapat 60 orang terbagi dalam lima kelompok yang bertanggung jawab mengerumpon bisa manghasilkan 40 ton ikan.

“Jadi kalau lima unit berarti hasilnya bisa 200 ton per hari sehingga penghasilan masyarakat dapat meningkat seiring peningkatan kesejajahteraannya”, katanya (Has)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: