Dolog Sultra Siapkan Rp 65 Miliar Untuk Beli Beras Petani

Media Sultra, Selekta 2010-09-27 / Halaman 12

Perum Dolog Divre Regional Sultra menyiapkan dana Rp 65 miliar untuk membeli beras petani di tahun 2010. Demikian dikatakan Kepala Divre Dolog Regional Sultra Bambang Napitupulu, kepada Media Sultra, Rabu (22/9).

Dari sejumlah tersebut, Rp 53 miliar telah terserap di tingkat petani dengan tonase pembelian 10.500 ton dari target pembelian 13.000 ton, dengan harga pembelian Rp 5.060 per kilogram.

“itu artinya uang dari Dolog telah beredar di petani sebanyak Rp 53 miliar, tentu saja akan mampu menambah pendapatan petani”, jelasnya.

Bambang tidak menjamin target pembelian bisa tercapai karena kualitas beras petani akibat teknologi penanganan pasca panen yang masih tradisional.

“Kita lihat saja sejauh mana kualitas beras petani kalau memenuhi syarat tentu dilakukan pembelian sesuai target”, ungkapnya.

Ke depan agar kualitas beras petani begus, pemerintah provinsi dan kabupaten harus fokus pada medernisasi teknologi pasca panen seperti menyiapkan mesin pengering, lantai jemur dan penggilingan.

Hal ini penting untuk menjaga kualitas gabah yang dipanen saat musim hujan.

Lebih lanjut kadivre berharap Pemprov dan Pemkab meningkatkan produksi agar pengadaan beras tidak didatangkan dari provinsi lain.

Bambang menambahkan kualitas beras sesuai Inpres No. 7 tahun 2009, pecahan beras tidak lebih dari 20 persen, kadar air harus 14 persen, derajat sosok maksimum 95 persen dan menir tidak lebih dari dua persen. (Ila)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: