328 IUP Hanya Sebagian kecil Yang Layak

Media Sultra, 2010-09-27 / Halaman 1

Sebanyak328 Kuas Pertambangan (KP) yang diterbitkan oleh Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten/Kota di Sultra dan telah disesuaikan menjadi Ijin Usaha Pertambangan (IUP). Dari jumlah itu, hanya sebagian kecil yang layak.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Pertambangan Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Sultra, Burhanuddin, saat ini dikonfirmasi Media Sultra di Kendari, Minggu (26/9).

“Menurut kabupaten/kota, semuanya layak tapi dari data yang ada di Provinsi hanya sebagian kecil saja yang layak baik dari segi administrasi maupun teknik”, kata Burhanuddin.

Indikator kelayakan administrasi dimaksud yaitu diantaranya pelaporan eksplorasi, pelaporan kegiatan, bentuk eksploitasi dan eksplorasi, laporan keuangan perusahaan, akte perusahaannya, yang selama ini hanya beberapa IUP yang dilaporkan oleh pemerintah Kabupaten/Kota kepada Provinsi.

“Dari segi teknik betul nggak eksplorasi dan eksploitasinya sesuai aturan, jangan-jangan bukan perusahaan yang bergerak di tambanga”, kata dia.

Kendati demikian, pemerintah provinsi tidak dapat mencampuri kebijakan pemerintah kabupaten/kota terkait dengan penertiban IUP.

Pemerintah Provinsi hanya dapat memberi teguran secara tertulis kepada pemerintah kabupaten/kota dan informasi kepada perusahaan pemegang IUP terkait kewajiban-kewajibannya.

Menurutnya lagi, perusahaan pemegang IUP harus terus dipantau oleh kabupaten/kota dan dilaporkan ke pemerintah provinsi terkait dengan kewajiban-kewajibannya terhadap pemerintah baik administrasi maupun teknik. (Cr-5/Ms-2)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: