Ditemukan Tambang Emas di Uluiwoi

Media Sultra, 2010-09-25 / Halaman 1

Masyarakat berhasil menemukan tambang emas di Desa Tawanga Kecamatan Uluiwoi, Kolaka sejak dua minggu lalu.

Sejak informasi ini beredar, masyarakat luar Tawanga mulai berbondong-bondong untuk mendulang emas di Sungai Asinauwi, Sungai Peueha, Sungai Ambulusangi dan Sungai Pelombua dalam wilayah Desa Tawanga.

Hamid seorang warga Tawanga yang ditemui di lokasi penambangan kemarin menyatakan, penemuan itu berawal dari aksi coba-coba.Mereka melihat lokasi tersebut sama dengan lokasi do Kabupaten Bombana saat mereka mendulang di sana.

“Kami cuma coba-coba mendulang di sungai. Ternyata disini juga ada emasnya”, katanya.

Warga masih mendulang dengan cara tradisional dengan hanya menggunakan wajan dan alat dulang rakitan lainnya. Mereka hanya menemukan butiran-butiran emas halus dan sudah menjual emas hasil dulangannya ke kota karena belum ada pembeli emas di wilayah tersebut.

“Kadar emas di lokasi ini berkisar 23 karat. Biasanya dalam empat hari kami mendulang, kami mendapat 2 gram lebih emas”, kata Haery seorang warga yang sudah 6 hari mendulang bersama teman-temannya.

Mengantisipasi gangguan Kamtibnas, Kapolsek Uluiwoi, Iptu Maryogo, menghimbau warga pendatang agar melaporkan diri dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat, serta senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban.

“Khususnya kepada pendatang kami mengharapkan melaporkan diri dan berkoordinasi dengan aparat keamanan dan pemerintah setempat”, harap Iptu Maryogo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: