Delegasi Wakatobi Hadiri Pertemuan UNDP

Media Sultra, Daerah 2010-09-25 / Halaman 7

Empat Forum jadi delegasi Wakatobi menghadiri puncak pertemuan 25 Komunitas pemenan pemenang equator prize 2010 yang diselenggarakan oleh United nation Development Program (UNDP), Rabu (22/9). Empat Forum itu adalah Foneb, Komunto, Forkani, dan Komanangi.

Saharuddin Usmi, seorang peserta asal Wakatobi dari Forum Komunto, via email Kamis (23/9) mengabarkan, selama sepuluh hari di New Nork City, Amerika Serikat, Rabu (22/9) merupakan puncak yang diikuti oleh 36 negara peserta.

Kegiatan yang diikutinya yakni sidang tingkat tinggi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) tentang Biodiversity (keanekaragaman sumber daya hayati). Sidang tersebut, membahas tentang keanekaragaman hayati dunia, perubahan iklim, adaptasi, pengelolaan sumber daya alam dengan menerapkan pengetahuan tradisional (kearifan lokal), serta relevansi keanekaragaman hayati dengan pengangkatan nilai, serta manfaat untuk kepentingan masyarakat, katanya.

Lebih lanjut, imbuh Saharuddin, setelah 36 negara menyampaikan Statementnya tentang Biodiversity, maka perwakilan dari Communitas dunia yang terdiri dari NGO local, Asosiasi Masyarakat Tradisional, Komunitas Masyarakat Adat, mendapat kesemapatan untuk menyampaikan statement kepada dunia. Statement komunitas dari perwakilan tiga benua (Asia, Afrika, Amerika) ini di wakili oleh Nnamieka dari Nigeria.

Nnamieka menyampaikan kepada dunia tentang keinginan 25 komunitas Community Summit Equator 2010. Dari enam Statement kunci yang disampaikan, statement dari Komunitas Wakatobi saat itu di wakili oleh KOMUNTO menjadi pesan kunci yang kedua.

“Setelah 10 hari melewati perdebatan di New Nork dengan 25 komunitas yang juga ingin di dengar oleh dunia, akhirnya misi saya sebagai Wakil Indonesia dari Wakatobi telah terlaksana”, kata Saharuddin.

Dirinya juga berterimah kasih pada Komunitas Wakatobi atas dukungan semangat yang diberikan. Berkat dukungan masyarakat Kabupaten Wakatobi, dirinya bisa berada di Gedung Serikat PBB Manhatan Avenue, 46th Street and Second Avenue New York City. (CR-4/Ms-2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: