Warga Gunung Nipa-nipa Blokir Jalan Truk Pengangkut Tanah

Madia Sultra, Ibukota 2010-09-24 / Halaman 6

Sejumlah warga gunung Nipa-nipa, Kelurahan Tobuha Kota Kendari, memblokir jalan yang dilalui truk pengangkut tanah (tambang golongan C), Rabu (22/9).

Hal itu dilakukan warga, karena merasa sangat terganggu dengan adanya truk pengangkut tambang golongan C, yang menyebabkan jalanan menjadi kotor, hingga debu bertebaran di mana-mana.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari, Paminuddin, saat ditemui Media Sultra (23/9), mengatakan, apa yang dilakukan warga jalan Nipa-nipa merupakan hal yang wajar dan biasa-biasa saja. Namun menurut Paminuddin, menyikapi hal itu pihaknya telah memediasi antara beberapa pemilik usaha tambang golongan C dengan warga setempat.

Dikatakannya, dalam mediasi tersebut pihaknya menawarkan berbagai opsi. Namun yang menjadi kesepakatan antara pemilik usaha dengan warga, untuk pembersihan tanah dijalankan akibat truk pengangkut tambang golongan C, akan dilakukan masyarakat setempat dengan catatan pemilik usaha setiap hari harus menyetor sejumlah dana pembersihan ke RT/RW setempat.

“Jadi hasil keputusannya, setiap harinya pengusaha tambang golongan C yang beroperasi di Gunung Nipa-nipa, setiap hari akan membayar uang Rp 30 ribu perhari. Uang tersebut diserahkan ke Ketua RT/RW untuk diberikan kepada warga yang melakukan pembersihan jalan, “kata Paminuddin.

Menurut Paminuddin, meskipun solusi telah ditemukan untuk mengatasi permasalahan di jalan Gunung Nipa-nipa, namun hal itu belum tentu dilakukan di lokasi tambang golongan C lainnya.

Menurut Paminuddin, untuk lebih baiknnya, pihak pemilik usaha, Dishub dan perkumpulan sopir truk, duduk sama-sama untuk membuat kesepakatan yang tidak merugikan warga. (M-5/Ms-3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: