Target SKPD, Dishut Muna Hanya 50 Persen Realisasi PAD 2009

Media Sultra, Daerah 2010-09-24 / Halaman 7

Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Muna dari Sektor Kehutanan tahun 2009 hanya sekitar lima puluh persen yang terealisasi.

Untuk 2009 Dinas Kehutanan (Dishut) Muna ditergetkan menghasilkan pendapatan Rp. 4.477.000.000,-. Ternyata yang terealisasi hanya sekitar Rp 2.125.700.200,-.

Pendapatan terbesar berasal dari penarikan retribusi pengelolaan huta kayu hak / rakyat sebesar Rp 1.680.108.476 dan retribusi sewa lahan  / uang letak sebesar Rp 428.631.744.

Hal itu terungkap dari hasil rapat dengar pendapat antara DPRD bersama Dishut Muna terkait laporan keuangan kabupaten Muna sektor Kehutanan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK Sultra), Kamis (23/9).

Kabid Perencanaan Dishut Muna, La Sida, mengatakan, penyebab tidak tercapainya target di antaranya karena kondisi hutan Muna saat ini sudah jauh berkurang. Di beberapa tempat, hutan jati yang merupakan asset daerah telah habis seperti hutan jati yang berada di Kecamatan Tongkuno.

Selain itu, dalam rapat dengar pendapat tersebut terungkap ada beberapa laporan keuangan di lingkup Dishut Muna yang tidak terealisir sepenuhnya. Seperti operasional pengamanan hutan dari anggaran Rp 100 juta. Namun setelah pemeriksaan ternyata dana kegiatan yang mampu dibuktikan hanya Rp 75 juta atau selisih sekitar Rp 25 juta.

Untuk hal itu, La Sida memberikan alasannya. Selisih tersebut hanya mengalami kendala proses verifikasi administrasi akhir tahun sebelum dan sesudah perubahan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi B DPRD Muna, Paramisi Rachman mengatakan kurangnya pencapaian Dishut Muna akan menjadi datatan sendiri bagi DPRD dalam alokasi anggaran dan penetapan target PAD Muna tahun mendatang.

Menurut legislator asal PDP ini, pihaknya lebih beranggapan kedepannya untuk tidak memberikan target PAD. Karena bisa saja yang menjadi alasan kerusakan khususnya hutan Jati di Muna salah satu diantaranya untuk menggenjot PAD (Cr-7/Mss2).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: