PAD Tambang Dibawah Target

Kerndari Pos, Metro 2010-09-24 / Halaman 11

Tahun ini sepertinya sepertinya realisasi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pertambangan tidak akan terpenuhi. Hingga akhir triwulan tiga, target Rp 60 miliar yang dipatok Pemprov baru tercapai Rp 11 miliar.

Menurut Kabid Menerbapabum, Dinas ESDM Sultra, ada beberapa hal yang membuat balum terealisasinya target tersebut. Diantaranya, lemahnya pengawasan pemerintah terhadap ore yang dikapalkan tiap Kuasa Pertambangan (KP). Akibatnya Pemprov rentan kehilangan jumlah absolut ore yang dikapalkan investor. “padahal hitungan kita, memang yang kita targetkan di PAD hanya Rp 60 miliar”, ujarnya.

Hitungan Rp 60 miliar dianggap masuk akal, karena saat ini harga ore dengan kandungan 1,8 persen berkisar 30 dollar Amerika atau sekitar 30 270 ribu per ton (dengan kurs 1 dollar Amerika setara Rp 9 ribu). Dalam sekali pengapalan, investor dapat mengerimkan 50 ribu sampai 60 ribu ton. “Estimasinya, jika 50 ribu ton dikalikan Rp 270 ribu, maka perusahaan dapat meraup Rp 13,5 miliar untuk sekali pengapalan”, jelasnya.

Ia pun merinci, jika dalam setahun investor dapat mengirim hingga 15 kapal berbobot 50 ribu ton, maka perusahaan bisa mengantongi Rp 202,5 miliar. Bayanhkan jika nominal tersebut diakumulasikan dengan jumlah produksi 17 KP yang telah beroperasi di Sultra, dikalikan 4 persen (royalti setiap ton ore terjual), maka seharusnya royalti yang terkumpul sebesar Rp 8,1 miliar per tahunnya dari setiap KP. Itu hanya untuk satu KP, jika dikalikan 17 KP, maka seharusnya ada pemasukan Rp 137,7 miliar per tahun dari royalti tambang.

“Tapi itu disetorkan ke kas negara sebesar 20 persen, sisa 80 persennya dibagi 32 persen untuk daerah penghasil, 16 persen untuk provinsi dan 32 persen dibagi rata untuk semua kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara”, jelas Ketua Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Sultra ini. (cr2)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: