Maksimalkan Pemanfaatan Pekarangan

Kendari Pos, Ekonomi & Bisnis 2010-09-24 / Halaman 3

Sebagai leading sector masalah pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Sultra melaksanakan kegiatan sosialisasi pemanfaatan pekarangan, dalam rangka menetapkan program percepatan penganekaragaman konsumsi (P2KP). Kegiatan yang berlansung kemarin (23/9), di sebuah hotel di Kendari mengikutsertakan PKK se-Sultra. “Kelompok binaan mereka yang akan kami berikan bantuan bibit dan peralatan pembuatan kue”, kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Sultra, Muh Amir Ridwan.

Sebagai program tahunan yang dibiayai APBD dab APBN, selain mengagendakan sosialisasi tentang pentingnya pemanfaatan pekarangan, pihak BKP Sultra sekaligus merangkaiakan dengan pemberian bantuan bibit buah-buahan dan sayuran. “Untuk tahun 2010 ini baru tiga Kabupaten yang akan menerima bantuan bibit dari APBD, yaitu Konawe, Konsel dan Kota Kendari. Dengan 10 desa pada masing-masing kabupaten, yang mana 1 desa di wakili oleh satu kelompok yang beranggotakan 20 orang lebih”, rincinya.

Tahun 2011 nanti, yang alokasi anggarannya dari APBN kata Ridwan, selain akan diberikan bibit, juga akan diberikan bantuan berupa alat pengolahan bahan pangan seperti alat pembuatan kue, bagi para kelompok produktif binaan PKK. “Sebagaimana bantuan dari APBD, bantuan dari APBN ini akan diberikan pada sembilan kabupaten/kota lainnya, khususnya pada desa mandiri pangan. Intinya program ini menargetkan agar pekarangan dapat mengarah pada anjuran makanan 3 B yaitu beragam, bergizi dan berimbang”, tandasnya. (cr6/awl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: