India Lirik Ribuan Ton Mete Sultra

Kendari Pos, Ekonomi & Bisnis 2010-09-24 / Halaman 3

Eksistensi komoditi mete Sultra, cukup terkenal hingga mancanegara. India merupakan salah satu negara tujuan ekspor mete dari daerah ini. Salah satu perusahaan pengelola mete di India yaitu PT Parsu, juga tertarik untuk menerima mete dari Sultra. Bahkan melalui UD Tri Putra Kendari, perusahaan tersebut sanggup menerima mete hingga dua ribu ton pada musim panen mete mendatang.

Pemilik UD Tri Putra Kendari, Sutrisno mengatakan, panen mete diperkirakan pada penhujung Oktober mendatang, saat ini pihaknya sedang menjalin kerjasama dengan 50 mitra yang tersebar di tiga daerah yaitu Buton, Muna dan Kolaka. Harga mete pun akan ditentukan sesuai harga pasar, dan saat ini harga minimal dari Kendari ditetapkan Rp 7,5 ribu per kilogram mete gelondong. “Kalau saat pengiriman nanti harga naik, tentunya akan menyesuaikan, yakni harga akan naik juga, namun tidak bisa dibawah Rp 7,5 ribu per kilogram nya, itu sudah kesepakan awal”, terangnya kemarin.

Menurutnya meskipun permintaan cukup tinggi, yaitu dua ribu ton, tapi ia optimis bisa dikumpulkan. Pasalnya dari tiga daerah tersebut merupakan sentra mete. Pihak PT Parsu pun memberikan standar randemen (kadar air) mete sekitar 280-300. Itulah mete yang akan diterima dengan harga sesuai ketetapan awal. “Mereka tidak akan menerima bila randemannya di bawah 280, makanya kami akan melakukan pensortiran sebelum pengiriman”, ujarnya.

Versi Sutrisno, buyer (pembeli) itu yang dipegang adalah kepercayaan, bila mereka menghendaki dan sudah percaya seperti sampel yang dikirimkan, sampai kapanpun akan dipercaya. Tapi terkadang petani di lokasi curang, dengan mencampur mete yang kualitasnya bagus, dengan mete yang jelek. “Kami mewanti-wanti mitra kami untuk lebih berhati-hati. Bila nanti ada kecurangan, justru kasihan petani harganya anjlok, kalau kami pengusaha tinggal mengikuti saja harga yang berlaku”, pungkasnya. (lis/awl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: