Kendari Kembangkan Tiga Objek Wisata

Media Sultra, Ibukota 2010-09-21 / Halaman 6

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, memiliki tiga objek wisata alam yang sedang dikembangkan agar bisa menarik minat para wissatawan petualang alam terbuka. Ketiganya adalah Kawasan Taman Hutan Rakyat Murhum, Kawasan Hutan Nanga-Nanga, dan Pulau Bungkutoko.

Kepala Dinas Pemuda Olehraga dan Pariwisata Kota Kendari Maksimum Bonde di Kendari, Senin (20/9), mengatakan, pengembangan kawasan Tahura Murhum atau dikenal pula dengan sebutan kawasan Gunung Nipa-Nipa diarahkan untuk kegiatan lintas alam, perburuan, panorama alam, serta untuk kepentingan penelitian.

Di tempat itu, katanya dapat dilakukan pula arena lomba sepeda gunung dan penangkaran hewan langka, seperti babi, rusa, anoa, serta berbagai jenis unggas. Tahura Murhum merupakan satu dari 16 kawasan konservasi di Sulawesi Tenggara dengan luas kurang lebih 8.146 hekter.

“kawasan ini memiliki topografivariatif, landai, berbukit, dan bergunung dengan kemiringan 15-40 derajat. Tipe ekosistemnya adalah hutan pegunungan rendah dengan potensi flora antara lain anoa, kus-kus, musang, kesturi, elang laut, seerta berbagai jenis kupu”, katanya.

Selain panorama alam, kata Maksimum, pegunungan Nipa-nipa memiliki air Terjun yang eksotik dan situs system pertahanan masa pendudukan Jepang berupa terowongan dan persenjataan.

Hutan Nanga-nanga akan dikembangkan sebagai hutan konservasi yang menyimpan potensi wisata terletak kurang lebih enam kilometer dari pusat kota. “Kawasan ini sangat ideal untuk tempat petualangan para wisatawan alam maupun sebagai kawasan objek penelitian”, katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga mengembangkan Pulau Bungkutoko. Pulau kecil ini terletak tepat di depan teluk Kendari sebagai daerah wisata. Di pulau ini, wisatawan dapat menyaksikan kehidupan masyarakat yang masih tetap terjaga keasliannya. (OL-5/MI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: