Pulau Cintonga Mulai Diminati Pengunjung Wisata

Kendari Ekspres, Sultra Ekspres 2010-09-13 / Halaman 15

Kebiasaan berwisata setelah lebaran sudah menjadi tradisi tahunan. Begitu juga di Kabupaten Buton Utara, banyak tempat yang dipilih warga untuk mengisi liburan pasca lebaran. Salah satunya adalah Pulau Cintonga, Desa Lelamo, Kecamatan Kulisusu Utara, Butur.

Sejak beberapa tahun terakhir tempat ini sudah mulai cukup diminati warga untuk berwisata. Lokasinya memang tidak seindah tempat-tempat wisata lainnya yang penuh berbagai fasilitas mewah. Namun nuansanta yang alami mampu menarik daya pikat masyarakat untuk mengunjungi tempat ini. Sejak beberapa tahun terakhir, pulau ini selalu dijadikan tempat wisata warga Desa Lelamo dan Waode Buri setelah sehari selesai berlebaran. Warga berkunjung ditempat ini, selain untuk bakar-bakar ikan juga untuk mencari soroaki, binatang laut yang sering diebut bulu babi. Bentuknya sejenis duri babi yang rasanya manis bercampur asin.

“Tiap tahun warga selalu datang bakar-bakar ikan disini bersama keluarga. Selain itu juga ada yang sengaja datang untuk mencari Soroaki”, kata Kepala Desa Lelamo, La Unda beberapa hari lalu.

Dia menceritakan, pulau ini belum begitu terkenal seperti tempat wisata lainnya yang ada di Butur. Pulau ini hanya diketahui oleh sebagian besar masyarakat di Kecamatan Kulisusu Utara, Butur. “Pulau ini disebut Cintonga karena kalau air laut surut, di tengah-tengah pulau dan kelihatan luas serta berpasir, tapi kalau air laut naik, semua tertutup hanya sebuah batu besar yang kelihatan. Makanya disebut Cintonga”, jelasnya.

Untuk menjangkau tempat ini sangat mudah, tinggal menyeberang menggunakan perahu sekitar sepuluh menit dari daerah Lebisa, Desa Lelamo sudah bisa sampai, dari dermaga ini, sebenarnya Pulau Cintonga sudah kelihatan jelas. Namun lebih asyik kalau bisa melihatnya lebih dekat sambil mencari soroaki yang telah menjadi kebiasaan. *R3/B/DUL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: