Aktivitas Tambang PT. PLM Dihentikan

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-09-06 / Halaman 5

Diam-diam, aparat kepolisian daerah (Polda) Sultra mengintai aktivitas penambangan emas tak wajar yang dilakukan PT. Panca Logam Makmur (PLM) di Bobana. Setelah cukup bukti, polisi pun langsung mengambil sikap tegas dengan melakukan penyegelan beberapa alat berat milik investor itu. PT. PLM diketahui melakukan operasi di kawasan yang terlarang untuk menambang. Meski demikian, sampai saat ini belum ada penetapan tersangka dalam kasus tersebut.

Penyegelan alat berat tersebut dibenarkan Kapolda Sultra, Brigjen (Pol) Sigit Sudarmanto dan ditegaskan Direktur Reskrim Polda Sultra, Kombes Pol. Iswandi Hari. Sayang, Kapolda dan Dirreskrim masih enggan berkomentar lebih rinci terkait kasus tersebut. ” Nanti hasil penyelidikannya ada baru kami akan sampaikan. Yang jelas, Saya tidak akan memberikan toleransi terhadap orang-orang yang melakukan ilegal mining (penambangan tidak resmi). Sebaliknya, saya akan memberikan back up pengamanan sepanjang legalitas mereka (para penambang) dapat dipertanggungjawabkan guna menumbuhkan investasi di Sultra,” tegas Sigit Sudarmanto.

Pengganti Brigjen (Pol) Sukrawardi Dahlan itu berkomitmen untuk memberantas penambang liar yang ada di daerah ini. Ia bahkan berjanji akan mengoptimalkan kinerja personilnya dalam menyelidiki legalitas perusahaan-perusahaan tambang yang ada di Sultra. Tak hanya PT. PLM yang menjadi target, namun seluruh perusahaan tambang yang ada. “Prinsipnya, jika legal tidak ada alasan untuk tidak mengamankan. Tapi kalau ilegal, tetap Kami koordinasi dengan instansi terkait agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” jelasnya.

Iswandi Hari menambahkan, untuk PT. PLM sendiri sampai saat ini masih menjalankan operasi penambangan pada kawasan Area Penggunaa Lain (APL). Pihaknya hanya menghentikan proses operasi pada daerah yang dilakukan di luar APL. Tim penyidik Reskrim Polda Sultra telah melakukan pemeriksaan beberapa saksi terkait kasus tersebut. ” Kasus tersebut sedang proses penyidikan. Kami tetap koordinasi saksi lain, khususnya saksi ahli. Sampai saat ini belum ada penahanan yang Kami lakukan,” tandas Iswandi Hari. (aka/ano/cok)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: