Ubah Arah Pemberian Anugerah Adipura

Kompas, Lingkungan & Kesehatan 2010-08-30 / Halaman 13

Pola pemberian anugerah Adipura harus diubah. Anugerah itu mestinya jangan dilihat sekadar kompetisi kota bersih, tetapi sebagai proses dan arah mewujudkan kota yang nyaman, layak huni, dan sehat.

”Kontestasi yang berorientasi kepada Piala Adipura tidak akan menghasilkan evaluasi arah kebijakan pembangunan kota,” kata Ahli Tata Ruang Universitas Trisakti, Yayat Supriatna, menanggapi revitalisasi Adipura yang diumumkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). ”Selama ini penganugerahan terjebak dalam kompetisi, di mana pemerintah kota hanya berorientasi kepada Piala Adipura. Selama menjadi beauty contest, Adipura tetap gagal memperbaiki kebijakan perkotaan,” kata Yayat di Bogor, Jumat (27/8).

Pada hari Kamis Menteri LH Gusti Muhammad Hatta mengumumkan penambahan kriteria baru Adipura, untuk meningkatkan standar kualitas lingkungan hidup perkotaan. Kriteria baru itu adalah pengendalian pencemaran air dan udara. Pada tahun 2015 parameter itu akan ditambah lagi dengan efisiensi energi, pemulihan energi, green building, dan eco-office.

Yayat menegaskan, penambahan kriteria penilaian Adipura, dengan memasukkan kriteria pencemaran air dan udara, akan mengubah seluruh penilaian Adipura. Ia menyarankan penganugerahan Adipura ditunda selama lima tahun mendatang untuk persiapan. Namun, penilaian tahunan tetap diadakan sebagai evaluasi upaya pemerintah daerah.

Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Berry Nahdian Furqan mengapresiasi keputusan KLH menjadikan pencemaran air dan udara sebagai kriteria penilaian Adipura. Ia mendesak KLH segera menetapkan ambang batas penilaian tiap kriteria dan diumukan kepada publik.

”Tak masalah jika nantinya tidak ada satu kota pun yang memenangi Adipura. Adipura adalah arah penataan kota agar menjadi lebih baik,” ujarnya. (ROW)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: