Tindak Pidana Kehutanan di Sultra Meningkat

Media Sultra, 2010-08-26 / Halaman 1

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Tenggara, Sahulata R Yohana, mengaku, jumlah tindak pidana kehutanan di Sultra tahun 2010 meningkat jika di bandingkan 2009 lalu.

Menurutnya, pada tahun 2009, jumlah tindak pidana kehutanan sebanyak tiga kasus. Dan untuk tahun 2010 meningkat menjadi 12 kasus.

Ke 12 kasus tersebut, 8 kasus dinyatakan P-21 yang artinya berkas itu sudah siap untuk diajukan ke pangadilan. Adapun delapan kasus itu terdiri dari 3 kasus Illegal Logging di Konawe, 2 kasus perambahan hutan di Bombana, serta 2 kasus illegal logging di Konawe. Adapun 4 kasus lainnya tindak lanjut dan telah diselesaikan oleh pihak BKSDA.

Kalau kita cermati, kata Yohana, kasus illegal logging paling mendominasi tindak pidana kehutanan. Hal tersebut disebabkan karena adanya penebangan tanpa izin, selain itu adapula penebangan dengan memiliki ijin tetapi salah lokasi, dan ada juga yang salah menggunakan ijin.

“Namun, dari kasus tersebut kebanyakan yang ditangkap yaitu mereka yang salah menggunakan ijin. Artinya dalam surat ijin penebangan, mereka disuruh untuk menebang 100 kubik, namun kenyataannya mereka melebihi dari 100 kubik”, katanya, diruang kerjanya, Selasa (24/8).

Yohana mengaku, dampak yang ditimbulkan dari illegal logging ini ada dua. pertama, kerugian keuangan, kedua, kerugian ekologi, dimana penyediaan air bersih, unsur hara serta oksigen akan terganggu.

Menurutnya, kalau kita menghitung dengan rumus konstanta, penebangan satu batang pohon saja dapat menimbulkan kerugian keuangan Rp 400 juta.

“Ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan. Olehnya itu, dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa menjaga hutan kita dari aktivitas penebangan”, tandasnya. (M-4/Ms-2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: